invisible hit counter

Bingung Mencari Obat Gatal di Selangkangan? Ini Dia!

Jika membicarakan obat gatal di selangkangan, sebenarnya ada banyak alternatif pilihan yang bisa dipilih. Gatal pada selangkangan dapat terjadi pada siapa pun baik laki-laki maupun perempuan, dewasa juga anak-anak. Sangat mengganggu tentu saja jika gatal pada selangkangan ini tak lantas segera diobati. Apalagi mengingat bahwa rasa gatal ini muncul secara tiba-tiba dan tak bisa dikendalikan. Sangat menyiksa bukan? Banyak yang kemudian bahkan memunculkan ruam merah. Namun tak perlu khawatir karena ada berbagai alternatif obat yang bisa Anda pilih untuk menyembuhkan gatal pada selangkangan.

Mengenal Berbagai Penyebab Gatal di Selangkangan

Dalam memberikan obat gatal di selangkangan, sudah barang tentu kita harus mempelajari dahulu apa saja sekiranya yang bisa menjadi penyebab rasa gatal tersebut. Hal ini penting karena akan terkait dengan jenis dan juga metode pengobatannya. Berikut beberapa penyebab gatal di selangkangan yang sering terjadi:

1. Infeksi jamur

Penyebab gatal pada selangkangan yang paling sering ditemui adalah karena jamur. Secara medis kondisi ini biasa dikenal sebagai tinea cruris. Kondisi ini biasa menjangkiti sebagian besar yang berprofesi atlet, dengan diabetes mellitus, dan obesitas. Jamur penyebab tinea cruris sangat menyukai lingkungan yang hangat dan lembab seperti selangkangan misalnya.

Sebenarnya kondisi gatal ini bukanlah suatu hal yang serius, namun jika tidak segera dilakukan pengobatan akan mengakibatkan sensasi gatal yang kian tak tertahankan, bahkan jika sudah sedemikian akut bisa juga menimbulkan lesi (luka) dan sensasi rasa terbakar. Kadang lokasi infeksi pun bisa menjadi bersisik.

 2. Intertigo

Intertigo merupakan sejenis peradangan yang biasa terjadi pada bagian lipatan tubuh, seperti ketiak, lipatan perut, termasuk juga pangkal paha (selangkangan). Selain gatal, intertigo juga potensial menimbulkan cairan yang disebabkan karena lecet. Pada kulit yang telah rusak, infeksi bakteri sangat mungkin terjadi.

Intertrigo makin berpotensi muncul saat semakin seringnya interaksi atau gesekan antar kulit. Kondisi ini makin diperparah dengan kondisi lembab, misal habis berolahraga. Munculnya lecet menjadi suatu hal yang sangat mungkin terjadi, ruam kemerahan pun biasanya akan mengiringi. Obesitas dan diabetes biasa menjadi pencetus munculnya intertigo ini.

3. Scabies (kudis)

Scabies disebabkan oleh kutu kelamin atau tungau yang dalam istilah medis disebut Sarcoptes scabiei. Seringnya, scabies ini menjangkiti saat malam hari. Scabies ini sangat mudah menular baik dengan kontak langsung maupun tidak langsung.

 4. Alergi

Alergi bisa juga memicu munculnya ruam atau gatal pada selangkangan. Alergi yang biasa terjadi dikarenakan efek salep, sabun, deterjen, krim, dan sejenisnya. Alergi biasanya diawali dengan rasa gatal dan diikuti dengan ruam merah.

Memilih Obat Gatal di Selangkangan yang Tepat

Dalam mengatasi gatal yang biasa mendera selangkangan, ada berbagai alternatif obat yang bisa menjadi solusi, di antaranya:

1. Antijamur

Diberikan jika penyebab gatal adalah karena jamur. Ketersediaan obat jamur di pasaran di antaranya ketoconazole, econazole, fluconazole, dan lainnya. Namun penggunaan antijamur sebagai obat gatal di selangkangan ini harus atas rekomendasi dokter. Jika Anda memilih untuk pengobatan alami, berendam dalam air garam hangat bisa dicoba.

2. Antibiotik

biasa digunakan jika gatal yang terjadi disebabkan karena infeksi bakteri. Antibiotik biasa diberikan jika gatal pada selangkangan membandel diobati dan membutuhkan pengobatan yang lebih serius. Dokter akan memberikan antibiotik yang tepat.

3. Kortikosteroid

Kortikosteroid dan antihistamin merupakan obat gatal secara umum, tidak hanya untuk gatal jenis tertentu saja. Bekerja menghilangkan gatal dengan berperan sebagai anti radang dan anti alergi (kortikosteroid). Dalam penyediaannya, kortikosteroid tersedia dalam bentuk krim dan juga obat oral (diminum). Perbedaan antara krim dan obat oral terletak pada bagian yang terpapar.

Jika hanya dalam skala kecil atau pada bagian tubuh tertentu saja, krim bisa digunakan. Cukup dengan mengoleskan pada selangkangan sebanyak 1-2 kali setiap harinya. Namun jika bagian yang terpapar cukup luas, obat oral lebih direkomendasikan.

Jika gatal hanya pada daerah selangkangan saja, cukup menggunakan obat oles saja. Biasanya yang tersedia di pasaran adalah hydrocortisone salep. Meski bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter, namun tetap dianjurkan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter dahulu.

4. Antihistamin

Bekerja dengan cara menghambat histamin (zat kimia penyebab rasa gatal). Biasa dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari. Beberapa obat antihistamin ada yang menyebabkan kantuk ada juga yang tidak. Dalam praktiknya, biasanya antihistamin ini diberikan bersamaan dengan kortikosteroid oral atau salep untuk mencapai kesembuhan yang maksimal.

5. Kompres

Rasa gatal pada daerah selangkangan bisa dikurangi dengan mengompresnya dengan air dingin atau es. Rutin mengompres sangat membantu mengurangi sensasi gatal yang biasa muncul. Jaga perlukaan untuk tetap kering usai mengompres dengan air dingin atau es.

6. Upayakan kering

Daerah selangkangan jika lembab lebih rentan terkena infeksi. Penyebab-penyebab gatal akan berkembang dengan lebih subur di area-area yang lembab. Oleh karenanya, upayakan untuk menjaganya tetap kering. Jika selesai mandi, keringkan benar-benar dengan handuk.

7. Hindari menggaruk

Menggaruk akan menyebabkan perlukaan baru yang lebih luas. Hal ini tentu akan memperlama proses penyembuhan dan memperparah kondisi. Redam rasa gatal dengan mengompres dengan air dingin atau es.

8. Pastikan bersih

Bersihkan daerah selangkangan sebelum menggunakan obat salep. Area yang terkena infeksi dibersihkan dahulu menggunakan sabun dan air. Setelah itu, keringkan dengan handuk bersih, baru setelah itu obat oles bisa diberikan.

9. Gunakan obat gatal di selangkangan secara teratur

Penggunaan obat krim atau salep harus digunakan secara teratur karena proses penyembuhan biasanya berkala. Biasanya obat (oles) diberikan setelah mandi sekalian, pagi dan sore.

Upaya Mencegah Gatal di Selangkangan

Gatal pada selangkangan sebenarnya bisa dihindari kemunculannya, tidak melulu dengan mengonsumsi obat gatal di selangkangan saja. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan di antaranya:

  • Gunakan pakaian secara pribadi

Jamur atau penyebab lain gatal pada selangkangan sangat mudah menyebar melalui penggunaan pakaian. Hindari meminjam atau meminjamkan dan sekaligus memakai pakaian yang bukan milik sendiri. Baik itu celana, baju, handuk, dan lainnya. Penyebab gatal pada selangkangan karena scabies misalnya, sangat mudah menular melalui media ini.

  • Hindari menggunakan pakaian ketat

Penyebab gatal pada selagkangan baik berupa jamur atau lainnya sangat subur berkembang dalam kondisi lembab. Pakaian ketat memicu pengeluaran keringat lebih sering. Apalagi jika berolahraga, produksi keringat yang berlebih menjadikan tubuh terasa lebih lembab. Upayakan lekas mengganti pakaian yang lembab tersebut.

  • Jaga kebersihan pakaian

Pakaian-pakaian yang usai dipakai lekas dicuci. Jangan biarkan pakaian menumpuk hingga berhari-hari. Apalagi jika pakaian itu usai digunakan beraktifitas luar yang banyak memproduksi keringat. Media penyebaran jamur atau bakteri memang banyak bermula dari pakaian ini. Jadi kebersihan pakaian adalah utama.

  • Jangan mencoba langsung pakaian baru

Pakaian baru meskipun berlabel baru namun sebaiknya tetap dicuci dahulu sebelum digunakan. Proses produksi hingga akhir tidak menjamin kebersihannya. Banyak kasus yang muncul akibat penggunaan pakaian baru tanpa dicuci terlebih dahulu ini.

Demikian tadi beberapa penjelasan obat gatal pada selangkangan berikut upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya gatal pada selangkangan. Pada intinya, kebersihan diri dan pakaian adalah kunci utama dalam mencegah munculnya gatal pada selangakan ini. Demikian, semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *