invisible hit counter

Berikut Cara agar Cepat Gemuk yang Mudah dan Sehat

Berikut Cara agar Cepat Gemuk yang Mudah dan SehatBanyak orang mencari cara agar cepat gemuk, karena bagi sebagian orang, menambah berat badan agar angka timbangan bergeser ke kanan merupakan suatu tantangan tersendiri. Anda disebut kurus apabila Indeks Massa Tubuh (IMT) Anda di bawah 18,5. IMT sendiri merupakan suatu cara untuk menentukan apakah seseorang sudah memiliki berat badan yang proporsional sesuai berat dan tinggi badan. Cara menghitung IMT adalah berat badan (dalam kilogram) dibagi tinggi badan yang dikuadratkan (dalam meter). Rumus IMT tidak bisa digunakan pada ibu hamil, binaragawan, atau atlet dengan intensitas olahraga yang tinggi karena nilai IMT mungkin tidak mencerminkan kesehatan saat itu.

Seseorang yang terlalu kurus sangat rentan mengalami gangguan pada sistem imun, memperbesar resiko terpapar infeksi, osteporosis, patah tulang, dan masalah kesuburan. Terlalu kurus juga beresiko lebih tinggi terserang demensia. Gangguan metabolisme, laju metabolisme tubuh yang cepat, atau penambahan massa otot adalah beberapa kemungkinan penyebab seseorang terlalu kurus. Untungnya, cara agar cepat gemuk relatif mudah dan aman untuk dilakukan. Kuncinya adalah pada konsumsi kalori lebih dari kalori yang Anda bakar tiap hari.

Pada praktiknya, penambahan berat badan dapat dilakukan dengan tiga cara: mengetahui Resting Metabolic Rate (RMT) Anda, menentukan bahan makanan yang tepat dalam menu Anda, dan di saat yang sama memantau kesehatan Anda. Melalui tiga cara tersebut, Anda dapat melakukan penambahan berat badan dengan masih mematuhi prinsip-prinsip kesehatan.

Langkah Pertama dari Cara agar Cepat Gemuk Adalah Menghitung Resting Metabolic Rate (RMT)

Resting metabolic rate (RMT) adalah laju pembakaran kalori pada saat tubuh berada dalam kondisi beristirahat. Sebelum menghitung RMT, terlebih dulu ketahui berat badan dan tinggi badan Anda. Penghitungan RMT berbeda menurut jenis kelamin (cara menghitung RMT pada pria berbeda dengan cara menghitung pada wanita). Di bawah ini adalah langkah menghitung RMT:

  1. Berat badan Anda (dalam kilogram) dikalikan 10.
  2. Tinggi badan Anda (dalam sentimeter) dikalikan 6,25.
  3. Tambahkan hasil dari kedua penghitungan tersebut.
  4. Untuk wanita, usia Anda dikalikan 5 lalu dikurangi 161. Kurangkan hasil dari penghitungan pada langkah ketiga dengan hasil dari penghitungan barusan.
  5. Untuk pria, usia Anda dikalikan 5 lalu ditambah 5. Kurangkan hasil dari penghitungan pada langkah ketiga dengan hasil dari penghitungan barusan.
  6. Hasil akhir yang Anda dapatkan adalah jumlah kalori yang dibakar tubuh pada saat beristirahat.

Sebagai salah satu cara agar cepat gemuk, Anda harus mengkonsumsi kalori melebihi RMT Anda. Jika Anda berolahraga, Anda juga harus mengkonsumsi kalori sejumlah yang hilang ketika berolahraga. Jika Anda ingin menambah berat badan secara perlahan, konsumsilah 300 – 500 kalori lebih banyak dari RMT Anda tiap harinya. Jika Anda ingin penambahan berat badan yang lebih cepat, konsumsilah 700 – 1000 kalori lebih banyak.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan kalori Anda, seperti misalnya:

  • Aktivitas sehari-hari. Agar berat badan Anda bertambah, Anda harus mengimbangi tingkat aktivitas dengan kalori yang Anda konsumsi.
  • Seiring dengan bertambahnya usia, laju metabolisme akan semakin menurun.
  • Kecenderungan genetik dalam memiliki laju metabolisme rendah atau tinggi.
  • Massa otot. Semakin banyak otot yang Anda miliki, semakin banyak kalori yang harus Anda bakar untuk mempertahankannya.

Menentukan Bahan Makanan yang Tepat Sebagai Cara agar Cepat Gemuk

Makanan dan minuman yang manis-manis dan bersoda dapat membuat berat badan Anda bertambah dengan cepat, tapi di saat yang sama akan menghancurkan kesehatan Anda. Jika Anda kurus, yang Anda inginkan adalah penambahan berat badan melalui jumlah yang seimbang antara peningkatan massa otot dan lemak subkutan, bukan segumpal lemak perut yang tidak sehat yang dapat memicu sejumlah penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya. Itulah sebabnya pemilihan bahan makanan sehat sangat penting sebagai salah satu cara agar cepat gemuk yang aman.

Di bawah ini adalah prinsip pemilihan bahan makanan sehat untuk meningkatkan berat badan Anda:

  • Jenis makanan

Konsumsilah roti atau pasta dari gandum utuh, buah dan sayuran segar, daging dengan sedikit lemak, dan makanan yang tinggi serat. Makanan dengan kandungan kalium, kalsium, vitamin D, dan zat besi tinggi pun tidak boleh luput dari susunan menu Anda.

  • Makan teratur

Makanlah lima atau enam kali sehari dengan porsi kecil. Beri jarak antara waktu makan satu dengan berikutnya, kira-kira tiga hingga empat jam. Hindari makan berat (porsi besar dengan menu karbohidrat yang melimpah) pada malam hari. Juga, usahakan untuk tidak melewatkan waktu makan yang sudah dijadwalkan.

  • Hindari junk food

Cara agar cepat gemuk memang menuntut Anda untuk meningkatkan asupan kalori Anda, namun Anda tetap harus menghindari junk food. Seperti yang sudah disampaikan di atas, meskipun junk food dapat menambah berat badan Anda dalam waktu yang relatif singkat, namun junk food juga sangat tidak baik bagi kesehatan Anda. Hindari makanan cepat saji (fast food), gula halus, dan gorengan.

  • Pilih sumber makanan tinggi kalori

Salah satu cara agar cepat gemuk adalah mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori seperti kacang-kacangan, buah yang dikeringkan, maupun beberapa jenis buah segar. Kacang-kacangan kaya akan serat, protein, dan mengandung sekitar 150 hingga 200 kalori per 30 gram yang kebanyakan berasal dari lemak tak jenuh tunggal maupun ganda. Anda bisa mengkonsumsinya begitu saja atau mencampurkannya dengan hidangan lain seperti oatmeal, salad, maupun sop.

Selai kacang tanah merupakan bahan makanan yang kaya akan kalori. Satu sendok makan selai kacang mengandung sekitar 100 kalori. Anda juga bisa mencoba selai kacang yang terbuat dari kacang almond.

Buah kering maupun segar merupakan sumber kalori. Buah mangga dan alpukat merupakan pilihan yang tepat jika Anda ingin meningkatkan berat badan. Buah mangga yang berukuran sedang mengandung setidaknya 150 kalori. Alpukat dapat mengandung hingga lebih dari 300 kalori, tergantung dari ukuran dan jenisnya.

Jagung dan kentang merupakan sumber kalori yang menyehatkan. Secangkir jagung mengandung 156 kalori sementara kentang berukuran sedang mengandung 159 kalori. Selain kalori, kedua jenis bahan makanan ini juga kaya akan serat dan sumber nutrisi lainnya.

Pantau Kesehatan Anda

Mengkonsumsi bahan makanan berkalori tinggi memang penting dilakukan sebagai salah satu cara agar cepat gemuk. Namun di saat yang sama, Anda juga harus menyadari bahwa tidak semua yang gemuk itu sehat. Ketika berupaya menambah berat badan, fokuslah pada penambahan lemak subkutan (lemak yang terletak langsung di bawah kulit) bukan lemak visceral (lemak yang menyelimuti organ-organ tubuh), massa otot, dan berat badan yang sesuai dengan bentuk tubuh dan tinggi badan Anda.

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan apakah Anda sebaiknya menambah berat badan (jika ya, dokter akan membantu Anda membuat rencana penurunan berat badan yang realistis). Dokter akan membantu mengevaluasi apakah Anda memiliki kondisi medis tertentu yang membuat berat badan Anda di bawah normal, apakah ada bahaya yang mungkin timbul ketika Anda melakukan cara agar cepat gemuk, dan apakah Anda harus mengkonsumsi diet atau suplemen tertentu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *