invisible hit counter

Berbagai Tips untuk Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Berbagai Tips untuk Melahirkan Normal Tanpa JahitanMelahirkan normal tanpa jahitan mungkin menjadi keinginan bagi semua ibu hamil yang sudah mulai mendekati masa persalinannya. Pasalnya koyakan atau robekan ini memang sudah sangat wajar terjadi pada area kewanitaan ketika proses lahiran. Akan tetapi peristiwa atau kondisi yang dalam dunia medis disebut dengan episiotomi ini ternyata bisa diminimalisir. Pasalnya seorang bidan atau dokter biasanya akan menggunting area kewanitaan tersebut yang tentunya akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Namun Anda tidak perlu khawatir karena biasanya Anda akan diberi anastesi lokal supaya rasa sakit tersebut bisa teredamkan. Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan sedikit tips kepada Anda para ibu hamil yang sudah mendekati masa persalinannya, supaya dalam proses lahiran Anda bisa meminimalisir episiotomi dan bisa melahirkan tanpa jahitan.

Lakukan Beberapa Hal Ini untuk Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Secara umum ada banyak faktor yang bisa memengaruhi apakah seorang wanita bisa melahirkan normal tanpa episiotomi atau tidak. Namun kebanyakan kasus persalinan memang membuat seorang wanita harus mengalami robekan pada area kewanitaannya tersebut. Bagi Anda yang mungkin punya trauma atau fobia terhadap hal-hal seperti itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dan Anda persiapkan sebelum masa persalinan tiba. Simak beberapa tips singkat yang telah kami rangkum berikut ini.

  1. Menyiapkan Proses Persalinan Secara Matang

Bagi seorang ibu hamil, menjelang masa-masa persalinan memang menjadi masa yang sangat mendebarkan. Terutama bagi seorang wanita yang mungkin baru pertama kali hamil dan belum pernah merasakan bagaimana proses persalinan. Oleh karena itu sebelum masa itu tiba, Anda harus menyiapkan diri Anda secara pribadi dengan matang supaya lebih siap menghadapi segala hal yang bisa terjadi. Nah, supaya Anda lebih tenang, usahakan selalu berpikir positif dan meyakini bahwa proses persalinan Anda akan berjalan dengan lancar dan normal. Hal sederhana seperti inilah yang bisa membangun mental Anda untuk bisa menghadapi persalinan tanpa jahitan. Pada trimester terakhir kehamilan Anda juga bisa melakukan senamkegel atau pijatan prenium supaya Anda bisa melahirkan normal tanapa jahitan.

  1. Pemilihan Tempat yang Tepat

Selain itu faktor mental biasanya juga sangat memengaruhi proses persalinan. Dan salah satu hal yang sangat memengaruhi mental biasanya adalah tempat. Maka dari itu sejak awal mungkin Anda juga harus menyiapkan dan memilih di mana tempat Anda akan melahirkan. Proses persalinan ini sangat membutuhkan tempat yang nyaman, oleh karena itu jika memungkinkan sebelumnya Anda juga harus sudah memilih tempat tidur seperti apa yang akan Anda gunakan. Misalnya tempat tidurnya harus luas dan nyaman sehingga membuat Anda lebih bebas bergerak. Atau Anda juga bisa memilih suasana tempat yang ramai dengan keluarga yang ada di sekitar Anda supaya Anda bisa lebih yakin dan percaya diri menghadapi proses persalinan.

  1. Jaga Kondisi Fisik

Supaya Anda bisa melahirkan normal tanpa jahitan, maka dari itu menjelang masa persalinan tiba Anda harus benar-benar menjaga kondisi fisik Anda. Biasanya seorang wanita yang melahirkan dalam kondisi kelelahan, maka salah satu kemungkinan yang akan terjadi adalah pengguntingan atau episiotomi. Oleh karena itu kami menyarankan supaya pada bulan-bulan terakhir kehamilan Anda tidak terlalu sering melakukan aktivitas yang membuat Anda lelah. Apalagi melakukan perjalanan jauh yang mungkin bisa membuat kondisi fisik Anda terkura. Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin, terutama untuk beristirahat secara cukup dan juga menjaga aupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Artikel mengenai berbagai tips untuk melahirkan normal tanpa jahitan ini berlanjut ke halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *