invisible hit counter

Berbagai Penyebab Sakit Pinggang Belakang dan Penanganannya

Sakit pinggang belakang merupakan salah satu dari sekian banyak keluhan yang ditemui tenaga kesehatan di mayarakat. Keluhan sakit pinggang belakang memang bisa menjadi gejala dari berbagai penyakit dan tidak begitu spesifik untuk menegakkan sebuah diagnosis khusus. Penyebab sakit pinggang belakang pun bisa bermacam-macam, mulai dari nyeri otot biasa hingga tanda adanya masalah pada organ dalam seperti ginjal dan saluran kencing. Berbagai masalah yang mendasari seseorang mengeluhkan sakit pinggang belakang ini tentu membutuhkan penanganan yang berbeda-beda. Untuk itulah anda perlu mengenal berbagai penyebab sakit pinggang belakang dan juga gejala lain yang bisa membedakan setiap penyebabnya. Di dalam artikel ini kami akan menyajikan beberapa penyebab sakit pinggang belakang dan juga penanganannya secara singkat. Selamat membaca!

5 Penyebab Tersering Sakit Pinggang Belakang dan Penanganannya

Perlu pembaca sekalian ketahui bahwa penyebab sakit pinggang bagian belakang yang paling sering dikeluhkan oleh masyarakat disebabkan oleh masalah posisi saat beraktivitas maupun saat bekerja. Penanganan untuk masalah seperti ini juga lebih mudah jika dibandingkan dengan sakit pinggang belakang yang disebabkan oleh masalah lain, akan tetapi untuk menghindari kemungkinan buruk yang bisa saja timbul kami akan memberikan pembahasan 5 penyebab tersering sakit pinggang belakang dan penanganannya secara sederhana.

  1. Trauma pada otot dan ligamen.

Penyebab sakit pinggang belakang yang paling sering ditemui adalah masalah otot akibat trauma dimana otot meregang. Otot yang teregang biasanya disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan dan tiba-tiba dari otot-otot pinggang yang tidak pernah dilakukan sebelumnya, selain itu posisi badan yang salah dalam waktu lama baik dalam bekerja maupun saat melakukan aktivitas tertentu juga bisa menimbulkan regangan pada otot pinggang bahkan robeknya ligamen.

Penderita otot yang teregang biasanya mengeluh nyeri pinggang belakang atau punggung bergantung seberapa luas peregangan otot yang terjadi disertai timbulnya rasa kaku, untuk itulah penting sekali bagi kita untuk memperhatikan posisi tubuh kita saat beraktivitas maupun bekerja. Seperti contoh seorang sekretaris yang karena pekerjaannya harus berada dalam posisi duduk dan berhadapan dengan komputer di depannya harus mendapatkan pengaturan tempat duduk yang baik. Tinggi meja dan kursi harus diatur sedemikian rupa sehingga untuk bekerja ia tidak perlu membungkuk atau mendongak ke atas.

Selain itu bagi ibu rumah tangga yang harus mengangkat barang berat, posisi tubuh saat mengangkat barang juga perlu diperhatikan. Seperti contoh jangan mengangkat barang saat berada dalam posisi berdiri tegak karena semua beban akan bertumpu pada punggung anda, cobalah untuk mengangkat barang dari posisi  setengah duduk lalu kemudian pelan-pelan berdiri. Anda juga harus menghindari gerakan berlebihan dan tiba-tiba, seperti memutar atau membalikkan badan secara tiba-tiba. Jika anda merasa sangat kesakitan berikan bebat atau penekanan pada tempat yang sakit tersebut dan segera periksakan diri anda ke dokter.

  1. Trauma pada tulang belakang.

Berikutnya adalah masalah pada tulang belakang dimana trauma hebat atau trauma biasa pada tulang belakang yang sudah rapuh bisa menyebabkan patah tulang belakang akibat penekanan (dikenal sebagai fraktur kompresi). Kondisi ini dapat menimbulkan masalah seperti pergeseran tulang belakang dan juga cakramnya yang akan dijelaskan pada poin selanjutnya.

  1. Pergeseran cakram tulang belakang.

Selanjutnya penyebab sakit pinggang belakang yang lebih serius adalah bergesernya cakram tulang belakang, hal ini bisa saja terjadi karena trauma yang sangat hebat ataupun trauma ringan pada tulang belakang yang sudah memiliki kelainan (mudah rapuh). Cakram tulang belakang (discus intervertebralis) merupakan sebuah bantalan yang berada diantara setiap tulang belakang manusia guna mempermudah pergeseran antar tulang.

Gejala yang diberikan penderitanya berupa sakit pinggang belakang yang menjalar ke bokong dan kaki, gejala khas ini disebut dengan istilah skiatika dimana pergeseran cakram tulang belakang ini menekan salah satu cabang saraf yang mengurus persarafan kaki yakni saraf ischiadicus. Gejala lain yang mungkin timbul adalah rasa kesemutan dan mati rasa yang terjadi hanya pada satu sisi kaki saja. Terapi untuk penyakit ini harus dilakukan oleh dokter karena membutuhkan pemberian obat-obatan anti nyeri hingga teknik operasi tergantung seberapa berat kondisi pergeseran yang terjadi.

  1. Spondilosis tulang belakang.

Anda jangan bingung melihat istilahnya yang aneh di atas, karena kondisi spondilosis tulang belakang sebenarnya merupakan suatu kondisi kelainan degeneratif dimana terjadi kerusakan pada struktur tulang belakang seseorang baik akibat usia ataupun gaya hidup yang buruk. Penderita spondilosis tulang belakang mengalami sakit pinggang belakang akibat terdapat penyempitan cakram dan terdapat pembentukan tulang baru yang tidak normal disekitarnya (osteofit).

Bagi penderita yang berusia cukup tua spondilosis tulang belakang banyak disebabkan oleh kelainan degeneratif yakni osteoarthritis, yang merupakan efek dari trauma kecil dan berulang-ulang pada tulang belakang karena salah posisi. Kondisi ini akan membuat pergerakan penderitanya terbatas dan menyebabkan timbul tarikan/tekanan pada otot atau ligamen di punggung sehingga memperberat sakit pinggang belakang itu sendiri. Penanganan berupa pengaturan posisi tubuh dan pemberian obat-obatan anti nyeri bisa mengurangi gejala penyakit ini, namun anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

  1. Gangguan ginjal dan saluran kencing.

Selanjutnya penyebab sakit pinggang belakang yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah gangguan pada ginjal dan juga saluran kencing. Kedua ginjal dan saluran kencing (ureter) setiap manusia memang berlokasi pada punggung bagian belakang, sehingga masalah pada organ ini dapat menimbulkan keluhan sakit pinggang belakang. Gangguan  ginjal dan saluran kencing yang bisa menimbulkan keluhan sakit pinggang belakang juga beragam, bisa akibat infeksi ginjal hingga tersumbatnya saluran kencing akibat adanya batu ginjal atau batu saluran kencing.

Selain mengalami sakit pinggang, penderita masalah ginjal dan saluran kencing tentu akan mengeluhkan masalah buang air kecil yang dapat disertai demam (jika terjadi infeksi) maupun mual muntah. Untuk memastikan masalah ginjal ini, dokter bisa melakukan pemeriksaan pada air seni atau melakukan USG atau pemeriksaan radiologis lainnya. Terapi yang digunakan juga bermacam-macam bisa menggunakan obat-obatan, operasi atau bahkan menggunakan metode penghancuran batu dengan menggunakan gelombang suara.

Setelah melihat sejumlah penyebab sakit pinggang belakang di atas, kita akhirnya mengetahui bahwa sakit pinggang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Meskipun demikian, persentase terbesar penyebab sakit pinggang belakang disebabkan oleh masalah salah posisi dalam aktivitas sehari-hari yakni sebesar 90% kasus. Untuk itu kita harus memperhatikan bagaimana posisi tubuh yang baik saat beraktivitas dan juga memastikan tempat kita bekerja tertata dengan baik sehingga tidak akan menimbulkan masalah pada otot. Selain itu, olahraga yang teratur juga bisa melatih pergerakan tulang dan otot agar lebih kuat loh! Demikianlah artikel mengenai penyebab sakit pinggang belakang dan penanganannya, semoga bermanfaat bagi kita semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *