invisible hit counter

Berbagai Cara Mengobati Batuk Berdahak yang Dapat Anda Coba

Berbagai Cara Mengobati Batuk Berdahak yang Dapat Anda CobaCara mengobati batuk berdahak itu tidak mudah namun juga tidak sulit. Batuk merupakan salah satu jenis gejala dari tubuh bila saluran napas, terutama tenggorokan, teriritasi. Tenggorokan dapat teriritasi oleh apapun. Infek virus dan bakteri, asap polusi, asap rokok bahkan alergi dapat menyebabkan batuk. Meski batuk sebenarnya merupakan suatu mekanisme yang dipakai tubuh untuk mempertahankan dan membersihkan diri, namun gejala ini kerap mengganggu keseharian kita.

Penyebab terjadinya batuk dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu batuk karena penyakit infeksi dan non infeksi. Penyakit infeksi berarti suatu penyakit yang disebabkan karena masuknya kuman atau mikroorganisme ke dalam tubuh kita. Infeksi yang menyebabkan batuk dapat terjadi di tenggorokan, sinus, paru dan di bronkus (disebut bronchitis). Selain itu, penyakit non infeksi yang dapat menyebabkan batuk adalah penyakit paru obstruktif kronis, kanker paru, alergi, batuk karena terpapar polusi dan asma. Menurut jenis gejalanya, batuk dapat dibagi menjadi 2 yaitu batuk berdahak dan batuk kering.

Cara Mengobati Batuk Berdahak yang Ampuh dan Dapat Dicoba

Batuk  berdahak merupakan batuk yang disertai oleh produksi dahak atau lendir di tenggorokan. Cara mengobati batuk berdahak merupakan hal yang penting karena banyaknya penyakit ini yang menyerang manusia. Batuk berdahak biasanya disebabkan oleh infeksi terutama yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Dahak sendiri diproduksi oleh sel tubuh, tepatnya di tenggorokan, yang berguna untuk memerangkap partikel yang membuat mengiritasi saluran napas tenggorokan. Beberapa cara mengobati batuk berdahak:

1. Minum air putih

Menjaga agar asupan air putih selalu tercukupi merupakan cara mengobati batuk berdahap yang paling sederhana. Memastikan tubuh Anda mendapatkan minimal 8 gelas air putih sehai memang terkesan mudah namun jangan sepelekan kegunaannya. Bila status cairan dalam tubuh dalam keadaan optimal, maka kekentalan dahak yang berada di saluran pernapasan akan berkurang. Dahak yang lebih cair akan lebih tidak mengganggu dan mudah dikeluarkan dibandingkan dahak yang kental. Air putih hangat juga baik untuk meredakan nyeri tenggorokan yang seringkali mengikuti gejala batuk. Dapat juga meminum teh hangat, air madu atau lemon sebagai pengganti air putih.

2. Berhenti merokok dan hindari polusi udara

Merokok dapat menyebabkan batuk, bahkan batuk kronis. Asap dan zat rokok yang dihirup m asuk ke saluran pernapasan akan menimbulkan radang karena asap dan zat dalam rokok bukanlah udara yang baik. Radang ini akan memicu timbulnya gejala batuk yang kadang disertai dahak encer. Rokok juga dapat mengurangi kinerja tubuh untuk membersihkan dahak dari saluran nafas. Maka cara mengobati batuk berdahak bagi perokok yang paling ampuh ialah menghentikan kebiasaan merokok. Hal ini juga berlaku dengan polusi udara.

3. Memakai masker

Menghindari udara berdebu dan berpolusi merupakan cara mengobati batuk berdahak lainnya yang cukup penting. Pasalnya debu dapat menimbulkan reaksi alergi pada orang tertentu sehingga dapat menimbulkan gejala batuk. Udara yang tidak bersih alias berpolusi juga tidak baik bagi hampir semua orang karena dapat merangsang refleks batuk. Bagi Anda yang memang bekerja atau tinggal di lingkungan yang sering terpapar udara demikian, solusinya adalah memakai masker. Masker tersebut dapat menyaring debu dan polutan dari udara sehingga mengurangi paparan saluran pernapasan And dari polutan.

4. Obati sakit maag Anda

Penyakit maag sebenarnya tidak akan menimbulkan batuk. Namun, asam labung yang naik ke kerongkongan dapat menimbulkan refleks batuk. Penyakit naiknya asam lambung ke kerongkongan biasa disebut GERD atau gastroesophageal reflus disease. Asam lambung merupakan suatu iritan yang dapat mengiritasi saluran napas. Terkadang asam lambung terasa panas dan perih bila naik ke kerongkongan; namun kadang juga tidak memberikan gejala perih tapi memberikan gejala batuk. Jadi, bila Anda mempunya riwayat seperti ini, cara mengobati batuk berdahak yang harus Anda lakukan adalah mengobati sakit maag Anda.

5. Obat apotek

Cara mengobati batuk berdahak dengan obat apotek merupakan cara mengobati batuk berdahak yang mudah. Pasalnya, Anda cukup pergi ke apotek terdekat lalu membeli obat yang dapat Anda beli sendiri tanpa resep dokter. Namun penggunaan obat apotek harus benar-benar diperhatikan; maksudnya adalah mengikuti petunjuk pemakaian yang ada. Beberapa obat apotek yang dapat Anda beli dan coba beli dari apotek adalah:

  • Obat jenis ini dapat membantu Anda mengeluarkan dahak dari tenggorokan Anda karena obat ini akan mengencerkan dan menambah kandungan air ke dalam dahak Anda. Contoh obat ini adalah obat yang mengandung guaifenesin dan glycerol guaiacolate.
  • Obat yang mengandung ambroxol merupakan suatu obat yang juga dapat mengencerkan dahak yang kental dan membantu melepaskan dahak yang melekat kuat pada saluran napas.

Cara Mengobati Batuk Kering yang Ampuh dan Dapat Dicoba

Batuk kering merupakan batuk tanpa diikuti pembentukan dahak. Penyebab batuk kering bermacam-macam, salah satunya ialah infeksi, alergi, obat anti darah tinggi yang mengandung captopril dan sering terjadi pada beberapa orang yang memang saluran napasnya sensitif timbul refleks batuk. Batuk kering kadang mengganggu lebih daripada batuk berdahak karena menimbulkan nyeri. Cara mengobati batuk kering sebenarnya mirip dengan batuk berdahak, namun ada beberapa aspek yang berbeda:

1. Minum air hangat

Bila minum air putih dapat diatasi dengan minum air putih yang cukup; batuk kering juga mempunyai prinsip yang sama. Namun lebih baik bila air yang diminum adalah madu yang dapat dikombinasikan dengan air hangat, air lemon hangat atau juga teh. Ini akan meredakan nyeri yang timbul pada batuk kering.

2. Obat apotek

Jenis obat apotek yang dipakai untuk mengobati batuk kering berbeda dengan cara mengobati batuk berdahak. Jenis obat yang dapat Anda beli untuk meredakan batuk kering adalah jenis obat yang bekerja menekan refleks batuk. Contoh obatnya ialah dextromethorphan. Namun perlu diingat bagi penderita batuk berdahak untuk tidak mengkonsumsi obat ini karena dapat menghambat pengeluaran dahak. Padahal dahak harus dikeluarkan agar kesehatan kita tetap terjaga.

3. Tidur dengan bantal tinggi

Cara ini dapat secara langsung mengurangi refleks batuk pada batuk kering. Usahakan untuk tidur memakai bantal yang lebih tinggi dari biasanya selama batuk, ini akan membuat Anda bisa tidur lebih mudah yang akan membantu istirahat Anda, yang dapat mempermudah memulihkan kondisi kesehatan.

Selain cara di atas: berhenti merokok, menghindari polutan, mengobati penyakit maag, serta dengan memanfaatkan obat tradisional yang dapat membantu mengobati batuk kering ini, seperti jahe merah, kunyit, daun saga, dan lain-lain.

Demikian pembahasan mengenai cara mengobati batuk berdahak dan batuk kering. Selain cara di atas, Anda juga tentu dapat mengatasi batuk dengan obat tradisional yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Perlu diketahui bila batuk disertai dengan demam tinggi, dahak bercampur darah, sesak napas, sangat mengganggu tidur, nyeri dada dan batuk pada orangtua lebih dari 60 tahun lebih baik dikonsultasikan ke dokter karena ditakutkan batuknya disebabkan oleh hal yang serius. Begitu juga bila Anda telah mencoba cara mengobati batuk berdahak dan batuk kering di atas namun tidak memberikan hasil yang signifikan, segeralah ke dokter.

Referensi:
https://health.detik.com/read/2012/10/12/170001/2061373/763/jenis-jenis-batuk-yang-tidak-boleh-diabaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *