invisible hit counter

Berbagai Cara agar Cepat Tidur bagi Penderita Insomnia

Berbagai Cara agar Cepat Tidur bagi Penderita InsomniaSulit tidur merupakan problema yang tidak membahayakn nyawa, namun sangat menggangu kualitas hidup, maka cara agar cepat tidur banyak dicari di masyarakat. Permasalahan sulit tidur banyak menjangkiti orang dewasa muda hingga tua, tanpa mengenal umur, jenis kelamin, status sosial dan bahkan status ekonomi. Kualitas hidup yang berkurang karena kurang tidur dapat diperbaiki dengan menerapkan cara agar cepat tidur sehingga niscaya kuantitas dan kualitas tidur Anda terjamin.

Problema sulit tidur memiliki banyak sebab yang mendasarinya. Sebab paling terkenal yang menyebabkan orang sulit tidur adalah kecemasan yang sedang dirasakan orang tersebut. Selain cemas, gangguan lain seperti depresi, penyakit jantung, penyakit paru serta penyakit liver pun dapat menimbulkan insomnia. Namun, kebiasaan tidur yang buruk pun ternyata dapat menjadi salah satu kontributor problema sulit tidur. Maka salah satu cara agar cepat tidur yang ampuh adalah dengan memperbaiki perilaku tidur dalam hidup Anda.

Berbagai Cara agar Cepat Tidur yang Bisa Anda Coba

Cukup banyak solusi insomnia yang dapat ditawarkan dunia kedokteran sekarang ini. Namun, pilihan pertama untuk mengatasi sulit tidur tentu saja adalah memperbaiki cara dan pola pikir penderita insomnia sebelum harus ‘menyerah’ kepada kuasa obat. Di bawah ini kami telah merangkum beberapa cara agar cepat tidur yang praktis, simpel dan tentunya dapat dicoba dipraktekkan di rumah:

  • Paksa Diri Anda Untuk Memiliki Pola Tidur yang Tetap

Meski terkesan mudah, sebenarnya cara agar cepat tidur yang satu ini adalah hal yang cukup sulit. Apalagi bagi mereka yang tidak bekerja dalam rutinitas dalam kehidupan kesehariannya. Paksakan diri Anda untuk memulai tidur di jam yang sama setiap harinya, dan yang paling berat, paksakan diri Anda untuk bangun di jam yang sama setiap harinya. Dengan mengatur dan membiasakan diri dengan kebiasaan baik ini, niscaya tubuh Anda akan ototmatis tertidur dan terbangun di jam-jam tertentu tersebut.

  • Ciptakan Lingkungan Kamar Tidur yang Tepat

Mulai dari penerangan yang tepat, suhu yang optimal dan tempat tidur yang nyaman, semuanya itu dapat menjadi salah satu cara agar cepat tidur yang ampuh. Tidur merupakan saat dimana tubuh Anda beristirahat, termasuk organ mata dan telinga Anda. Cobalah membiasakan diri tidur di kamar yang gelap dan tenang, karena ruangan yang terang dan berisik akan mengaktifkan organ mata dan telinga Anda, sehingga membuat Anda makin terjaga. Usahakan juga agar suhu dalam kamar tetap optimal, tidak terlalu panas namun juga tidak terlalu dingin.

  • Gunakan Kamar Tidur Sebagai Tempat Tidur Anda

Maksud kalimat di atas adalah, cobalah untuk menghindari mengerjakan kegiatan atau tugas lain di dalam kamar Anda, terutama di atas tempat tidur Anda. Cara agar cepat tidur yang satu ini terbukti ampuh dan efektif. Karena tidur merupakan suatu kegiatan relaksasi, maka usahakan agar kamar tidur Anda selalu diasosiasikan dengan tempat untuk berelaksasi pula. Jangan menonton TV apalagi bekerja di atas ranjang, karena ini akan mengubah persepsi otak Anda mengenai tempat tidur. Jauhkan juga komputer, laptop maupun gadget Anda dari tempat tidur Anda.

  • Hindari Makan Makanan yang Banyak Sebelum Tidur

Mengonsumsi makanan dalam porsi yang terlampau besar dapat mempersulit tidur Anda. Maka, cara agar cepat tidur lainnya adalah dengan membatasi porsi makanan yang Anda santap pada malam hari. Usahakan pula untuk menyediakan interval waktu sebanyak 3 sampai 4 jam dari makan hingga waktu Anda tidur. Perut yang terlalu penuh dapat mempersulit tidur dan dapat menimbulkan komplikasi kesehatan seperti naiknya asam lambung ke kerongkongan.

  • Hindari Tidur Siang

Banyak orang yang mengaku sulit tidur saat malam hari yang ternyata memiliki kebiasaan tidur siang yang cukup lama. Jam tidur siang yang cukup panjang dapat mengacaukan jam biologis Anda, dan mencegah rasa kantuk yang seharusnya timbul pada malam hari. Paksakan diri Anda untuk tetap beraktivitas meski rasa kantuk menyerang pada malam hari. Ini dapat menjadi cara agar cepat tidur yang paling simpel dan efektif.

  • Katakan Tidak Pada Makanan dan Minuman yang mengandung Kafein

Salah satu kebiasaan yang dapat mengacaukan waktu dan kebiasaan tidur Anda adalah kebiasaan mengonsumsi kopi, teh atau cokelat pada malam hari. Menghindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein merupakan salah satu cara agar cepat tidur yang penting. Ini bukan berarti Anda harus puasa kafein seumur hidup, tentu saja Anda boleh mengonsumsi kafein, namun batasi satu sampai dua gelas kopi atau teh per harinya. jangan pula mengonsumsi kafein kurang dari 4-6 jam sebelum tidur. Jangan lupa juga bahwa rokok juga mengandung kafein yang harus dihindari pemakaiannya 4-6 jam sebelum jam tidur.

  • Putar Kehidupan Anda Hari Ini di Otak Anda

Hampir semua orang yang sulit tidur atau sulit memulai tidur adalah mereka yang selalu cemas, terutama akan keadaan masa depan. Berpikir mengenai masa depan yang tidak pasti hanya akan membuat Anda semakin cemas dan terjaga. Maka, lain kali ketika sulit tidur, cobalah merekapitulasi kejadian apa saja yang Anda hadapi pada hari tersebut. Terutama cobalah untuk mengingat-ngingat apa yang Anda sentuh, lihat dan dengar pada hari tersebut.

  • Olahraga

Bukan hanya dapat menurunkan kadar kolesterol, gula darah dan juga darah tinggi, olahraga teratur pun dapat menjadi cara agar cepat tidur yang baik. Aktivitas fisik yang rutin atau olahraga pada pagi dan siang hari akan membantu Anda merasakan kantuk pada malam hari. Sebaliknya, jangan lakukan olahraga yang berat dan keras pada malam hari karena justru akan membuat Anda sulit tertidur.

  • Cobalah Untuk Tetap Terjaga

Salah satu yang unikd ari cara agar cepat tidur adalah dengan menantang diri Anda untuk tetap terjaga. Terkadang, otak berpikir dengan cara yang paling unik dan aneh, yaitu mencoba membangkang dengan perintah kita. Biasanya orang yang tidak dapat tidur akan memerintahkan dirinya untuk tidur, namun yang terjadi kebalikannya. Maka, lakukan hal yang berkebalikan dengan menyuruh diri Anda tetap terjaga. Fenomena ini dapat diseput sleep paradox. Intinya, katakan dalam hati kepada diri Anda ‘Saya tidak akan tidur’. Kata negative seperti tidak ini lah yang akan memacu otak Anda untuk membangkang.

Meski kedengaran sebagai salah satu permasalahan kesehatan yang biasa saja, sulit tidur dapat menjadi suatu tanda dari penyakit yang lebih serius yang sedang dihadapi pasien. Misalnya saja, seorang pecandu heroin yang putus obat dapat menrasakan dan megalami perasaan sulit tidur. Penderita depresi berat pun dapat mengalami keadaan insomnia atau sulit tidur ini. Bila telah mencoba cara aar cepat tidur di atas, dan masih belum merasa ada perbaikan yang berarti, jangan ragu untuk menghubungi psikolog atau psikiater untuk meminta bantuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *