invisible hit counter

Benarkah Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat?

Benarkah Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat?Mual dan muntah merupakan keluhan yang umum terjadi saat kehamilan, ada yang beranggapan bahwa mual muntah saat hamil pertanda janin kuat, benarkah demikian? Dari berbagai penelitian hal tersebut memang benar adanya. Mungkin sebagian wanita menganggap bahwa mual muntah pada saat hamil sangatlah mengganggu. Padahal terjadinya mual muntah menandakan bahwa janin yang dikandungnya dalam keadaan sehat. Memang kondisi antara wanita hamil yang satu dengan yang lain mungkin berbeda-beda dalam hal keluhan yang dirasakan pada saat hamil, termasuk terjadinya mual dan muntah ini. Ada yang mengalami mual dan muntah hanya pada saat hamil muda saja (trimester pertama), tetapi ada pula yang mengalaminya sepanjang masa kehamilan dan baru bisa berakhir sampai lahirnya sang buah hati.

Tingkat keparahan dari mual dan muntah pun berbeda-beda, ada yang timbulnya hanya kadang-kadang dengan keluhan biasa-biasa saja, tetapi ada juga yang terjadi sangat sering yang disertai dengan penurunan kondisi badan. Jika terjadi secara berlebihan atau disebut sebagai hiperemesis gravidarum, maka sebaiknya secepatnya mendapatkan pertolongan medis karena dapat berpotensi mengganggu kesehatan ibu dan janin. Mual muntah sering terjadi pada pagi hari sehingga sering disebut morning sickness. Morning sickness selain ditandai mual dan muntah, ibu hamil juga dapat mengalami pusing atau sakit kepala. Morning sickness pada umumnya dialami oleh ibu hamil saat usia kehamilannya menginjak usia 6 minggu dan akan mereda ketika memasuki trimester kedua. Tetapi pada beberapa kasus morning sickness baru berakhir sampai menjelang persalinan.

Fakta Penyebab Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Bagi Anda yang saat ini sedang hamil dan mengalami mual muntah, maka Anda patut bahwa ini merupakan tanda yang baik. Namun bagi Anda yang tidak mengalami mual muntah saat hamil, Anda juga tidak boleh langsung pesimis. Sebab pada beberapa kasus, juga terdapat ibu hamil yang tidak mengalami mual muntah namun bayinya dalam keadaan baik-baik saja. Namun tidak ada salahnya Anda waspada dengan memeriksakan diri ke dokter ketika kehamilan tidak disertai gejala mual dan muntah, apalagi disertai keluhan lain yang mengarah kepada gangguan perkembangan janin. Ada berbagai fakta penyebab yang mendasari bahwa mual muntah saat hamil pertanda janin kuat. Fakta penyebab tersebut antara lain yaitu sebagai berikut:

  1. Peningkatan hormon progesteron dan estrogen

Wanita yang sedang hamil akan mengalami peningkatan hormon progesteron dan estrogen. Peningkatan hormon progesteron akan memicu pergerakan organ pada sistem pencernaan dari usus kecil, lambung, sampai kerongkongan sehingga dapat menimbulkan mual dan muntah. Sementara itu peningkatan hormon estrogen akan memicu peningkatan asam lambung. Peningkatan asam lambung ini menimbulkan perasaan tidak nyaman di perut dan rasa asam di mulut sehingga mengakibatkan ibu hamil mengalami mual muntah. Mual muntah sering terjadi di pagi hari (morning sickness) dikarenakan jarak antara waktu malam dengan makan pagi yang cukup panjang sehingga terjadi kekosongan perut yang akan memicu peningkatan asam lambung yang lebih hebat.

  1. Peningkatan hormon HCG

Terdapat juga teori yang mengatakan bahwa terjadinya mual muntah pada kehamilan disebabkan oleh peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonodotropin). Hormon HCG ini diproduksi oleh plasenta pada waktu awal masa kehamilan. Hormon ini juga merupakan pertanda adanya kehamilan yang menyebabkan adanya tanda strip dua pada alat test kehamilan. Peningkatan hormon HCG ini akan menyebabkan perubahan dalam tubuh ibu hamil yang memicu rasa mual muntah. Jadi dapat disimpulkan bahwa mual muntah merupakan kondisi yang normal dialami oleh wanita hamil dan menunjukkan bahwa kehamilannya baik-baik saja, sehingga dapat dikatakan bahwa mual muntah saat hamil pertanda janin kuat.

Artikel mengenai terjadinya mual dan muntah saat kehamilan ini bersambung ke halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *