invisible hit counter

Beberapa Tips Cara Mengobati Mata Merah dan Cara Pencegahannya

Beberapa Tips Cara Mengobati Mata MerahKita semua hampir pernah merasakan penyakit mata merah, sehingga banyak orang yang mencari informasi mengenai cara mengobati mata merah. Mata yang merah bisa disebabkan oleh beberapa macam hal. Mulai dari yang tidak berbahaya seperti keadaan radang pada konjungtiva atau konjungtivitis, atau merupakan reaksi alergi sampai ke keadaan yang berbahaya seperti infeksi pada kornea mata atau glaukoma akut.

Biasanya, selain merah, mata yang mengalami radang juga dapat disertai gejala lainnya. Misalnya perih, berair dan gatal. Sebenarnya gejala-gejala berbeda yang timbul pada mata merah dapat turut membedakan penyebab dari mata merah yang bermacam-macam tersebut. Dan berdasarkan penyebabnya, cara mengobati mata merah pun jadi bermacam-macam tergantung mekanisme yang mendasarinya.

Cara Mengobati Mata Merah yang Dapat Anda Coba

Meski kebanyakan tidak berbahaya, beberapa penyebab mata merah harus diobati dan dirawat oleh dokter yang berkompetensi. Namun, bila penyebabnya hanyalah infeksi virus pada konjungtiva atau perdarahan subkonjungtiva yang tidak membahayakan, Anda dapat mencoba cara mengobati mata merah yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Baca dahulu setiap petunjuk, karena beberapa cara hanya berlaku untuk kondisi penyebab tertentu.

Berikut merupakan beberapa cara mengobati mata merah, perih dan berair yang dapat Anda praktikkan di rumah:

  • Dikompres

Metode kompres dapat dipakai sebagai cara mengobati mata merah. Kompres dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu kompres hangat dan kompres dingin. Pilihan ini bergantung pada penyebab mata merah Anda. Bila mata merah disebabkan oleh alergi (misalnya karena terpapar debu) maka kompres dingin akan memberikan efek menghilangkan gejala yang lebih baik. Bila mata merah disebabkan oleh infeksi, maka pilihlah kompres dengan air hangat. Namun ingat, keadaan infeksi pada satu mata dapat menularkan infeksi ke mata lainnya. Bila bermaksud mengkompres dua buah mata, pakailah 2 kain yang berbeda untuk pencegahan infeksi.

  • Melepas Lensa Kontak

Ternyata tidak memakai lensa kontak selama beberapa saat atau hari dapat menjadi cara mengobati mata merah dan berair. Mata merah dapat disebabkan oleh iritasi dari lensa kontak dan dapat menghalangi kornea dari udara sekitar. Padahal, udara luar yang mengandung oksigen sangatlah penting untuk kelangsungan hidup kornea. Sehingga melepas lensa kontak dan menggantinya dengan kacamata sampai mata merah Anda sembuh merupakan cara mengobati mata merah yang penting. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lensa kontak dan tempatnya.

  • Air Mata Buatan

Bila mata merah yang Anda derit disebabkan oleh sindrom mata kering atau dry eye syndrome, maka memakai air mata buatan atau artificial tears adalah cara mengobati mata merah yang efektif. Sindrom mata kering disebabkan oleh tidak cukupnya kelenjar air mata menghasilkan air mata, atau kurang baiknya kualitas air mata yang dihasilkan. Untuk dapat mendiagnosis penyakit ini, pergilah ke dokter mata Anda.

  • Menghindari Hal yang Membuat Alergi

Mata merah juga dapat disebabkan oleh penyakit alergi. Sama seperti hidung atu pun kulit, bila mata Anda terpapar oleh zat yang membuatnya alergi, mata akan merah dan gatal. Tidak jarang juga mata akan menjadi perih dan berair. Untuk itu, menghindari zat atau hal yang membuat mata alergi adalah cara mengobati mata merah dan perih. Biasanya, hal-hal yang dapat menimbulkan reaksi alergi di mata adalah debu, air cuci lensa kontak dan bahan kimia dari peralatan make up. Untuk dapat mengetahui hal yang membuat munculnya reaksi alergi pada mata Anda, perhatikan pola kapan saja mata Anda menjadi gatal.

  • Kurangi Waktu Anda di Depan Monitor

Salah satu penyebab mata merah ialah karena terlalu lama menatap layar komputer. Ini sering terjadi pada pegawai kantoran yang bekerja di belakang layar komputer. Penyebab mata merah pada orang-orang ini ialah karena intensnya mata menatap ke layar komputer, maka mata jadi lupa berkedip dan akhirnya menimbulkan mata merah, perih dan berair. Bila perlu menggunakan komputer, istirahatkan mata Anda setiap 20 menit. Atau dengan sengaja, perbanyaklah berkedip agar menjaga mata tetap lembap. Ini bisa menjadi cara mengobati mata merah yang ampuh.

  • Jangan Memakai Pulasan Make Up Mata

Seperti yang telah ditulis di atas, beberapa orang dapat alergi terhadap alat make up yang dipakai ke mata. Pada orang yang alergi, biasanya mata akan menjadi merah dan berair ketika alat dan zat make up telah menyentuh mata. Solusi untuk orang yang alergi ialah dengan sama sekali tidak memakai alat make up mata dengan merk tersebut, karena pasti akan gatal lagi bila dipakai ulang. Namun, penggunaan make up juga sebaiknya dibatasi pada orang dengan mata merah tanpa alergi, karena penggunaan make up dapat mengiritasi mata Anda. Pakailah kembali make up Anda ketika gejala mata merah Anda sudah sembuh benar.

  • Diskusikan Kondisi Mata Merah Anda ke Dokter

Bila gejala mata merah tidak kunjung sembuh, atau disertai dengan penurunan daya penglihatan, jangan ragu untuk berobat ke dokter Anda. Seringkali, penyebab mata merah bukan hanya disebabkan oleh kondisi yang tidak berbahaya, namun juga oleh kondisi berbahaya yang membutuhkan penanganan segera dari dokter. Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Saran Untuk Menghindari Kondisi Mata Merah

Beberapa cara mengobati mata merah memang dapat Anda coba untuk mengurangi gejala mata merah yang mengganggu. Namun, lebih baik lagi bila Anda melakukan hhal-hal di bawah ini untuk mencegah terjadinya mata merah:

  • Jangan menggosok mata Anda. Zat dan kotoran pada tangan Anda dapat menyebabkan radang dan mengiritasi mata Anda sehingga mata menjadi merah. Belum lagi, Anda dapat membahayakan kornea Anda bila menggosok mata Anda.
  • Pemakaian lensa kontak yang baik dan bersih. Jangan memakai lensa kontak bila Anda malas membersihkan lensa kontak dan peralatannya, karena hal tersebut dapat menjadi media yang baik untuk tumbuhnya kuman.
  • Konsultasikan kondisi alergi pada mata Anda dengan dokter Anda. Tips dan saran dari dokter sebaiknya Anda ikuti agar alergi Anda tidak sering kambuh.
  • Jangan memakai obat tetes mata pereda mata merah terlalu sering. Penggunaan obat tetes mata seperti itu yang terlalu sering malah akan membuat mata Anda lebih mudah merah.
  • Jangan membeli obat tetes mata yang mengandung obat seperti antibiotik dan kortikosteroid sendiri tanpa resep dokter. Penggunaan tetes mata tersebut dalam jangka waktu yang lama dan tidak terkontrol oleh dokter dapat menyebabkan mata merah hingga keadaan glaukoma yang dapat menimbulkan kebutaan.

Penyebab mata merah memang bermacam-macam. Bila penyebabnya hal sepele seperti infeksi virus biasa pada lapisan konjungtiva saja, Anda dapat mencoba mengatasinya sendiri. Namun, bila mata merah disertai dengan penurunan daya penglihatan, jangan ragu untuk berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *