invisible hit counter

Beberapa Obat Maag Tradisional yang Dapat Menjadi Pilihan Alternatif

Previous 1 2
  • Biji Pepaya dan Daun Pepaya

Buah pepaya memang enak dan terkenal dapat melancarkan pencernaan. Namun jangan membuang daun dan biji pepaya karena ternyata mempunyai khasiat mengatasi penyakit maag. Caranya, ambil biji pepaya secukupnya lalu jemur hingga kering. Setelah kering, ditumbuk sampai halus. Bubuk hasil tumbukan diseduh dengan air hangat lalu diminum 1 ketika ulu hati terasa nyeri. Bila terlalu pahit, biji pepaya dapat diganti dengan daun pepaya.

  • Kedelai

Kacang kedelai memang enak sebagai camilan dan bila dibuat susu. Namun kedelai juga dapat menjadi obat sakit maag tradisional yang cukup ampuh mengatasi penyakit maag. caranya iaaha menyiapkan 0,5 kg biji kedelai yang telah disangrai (digoreng tanpa minyak). Setelah disangrai, tumbuk kedelai sampai halus. Bubuk kedelai ditambahkan segelas air panas. Ramuan ini diminum selama 3 kali sehari rutin selama 2 minggu.

Obat Maag Alami Lain yang Dapat Anda Lakukan

Selain obat maag tradisional di atas, ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi dan mencegah kambuhnya sakit maag.

  • Mengubah Pola Makan

Hindari makanan yang keras dan sulit dicerna. Pola makan pun harus diatur agar mengikuti jam makan yang baik, jangan sampai perut terlalu kosong. Bila perut sangat kosong jangan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang sangat besar. Usahakan untuk makan porsi sedikit namun sering. Jangan menahan rasa lapar, karena sensasi tersebut dapat menjadi peringatan bahwa perut memang sudah seharusnya diisi.

  • Menghindari Makanan Tertentu

Beberapa makanan dapat memicu timbulnya gejala sakit maag. Maka bagi Anda yang sering merasakan kambuhnya penyakit maag disarankan untuk menghindari makanan ini.

    • Makanan yang pedas dan panas
    • Makanan yang mengandung gas atau akan menciptakan gas
    • Makanan yang keras dan sulit dicerna
    • Makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan soda
    • Makanan tinggi lemak dan berminyak
    • Alkohol
    • Merokok

Kenali Penyebab Sakit Maag

Penyakit maag merupakan penyakit dengan cukup banyak penyebab. Bakteri yang menginvasi lambung dapat menjadi penyebab penyakit maag kronis yang sulit sembuh. Disarankan juga pada penderita penyakit maag utuk tidak mengkonsumsi obat penahan nyeri seperti aspirin, ibuprofen, asam mefenamat dan sebagainya, karena konsumsi obat tersebut yang terus menerus dapat mengikis lapisan pelindung lambung. Faktor psikologis juga merupakan salah satu penyebab yang penting di penyakit maag.

Kebiasaan makan yang buruk dapat memicu penyakit maag, apalagi bila terlalu sering menahan rasa lapar. Mengkonsumsi jamu yang tidak jelas kandungannya pun dapat memicu terjadinya penyakit maag yang dapat berujung perdarahan. Ini disebabkan ada obat yang tidak baik bagi maag yang sering diselundupkan di kandungan jamu yang dijual . Makan makanan yang pedas dan terlalu panas juga dapat memperparah penyakit maag.

Kini Anda telah mengetahui beberapa pilihan obat maag tradisional yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Bila Anda telah mengkonsumsi obat maag herbal namun penyakit tidak kunjung hilang, Anda dapat mencoba membeli obat apotek atau berobat ke dokter Anda. Jangan lupa untuk mengadopsi gaya hidup sehat supaya Anda selalu terhindar dari kekambuhan sakit maag. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda dan orang di sekeliling Anda.

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *