invisible hit counter

Beberapa Macam Obat Radang Tenggorokan Anak yang Bisa Dicoba

Beberapa Macam Obat Radang Tenggorokan Anak yang Bisa DicobaMemilih obat radang tenggorokan anak bisa dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat disekitar kita. Anak kecil adalah kelompok usia yang rentan terkena penyakit radang tenggorokan. Biasanya, penyakit radang tenggorokan melibatkan gejala nyeri tenggorokan hingga anak sulit makan, batuk, pilek dan pembesaran amandel. Maka, pengetahuan mengenai obat radang tenggorokan anak adalah hal yang sebaiknya diketahui oleh para orangtua.

Radang tenggorokan pada anak dapat terjadi karena berbagai macam hal. Penyebab paling sering dan utamanya tentu saja adalah infeksi oleh virus atau bakteri. Infeksi bakteri biasanya membutuhkan kunjungan ke dokter untuk pemberian obat, namun infeksi virus dapat disembuhkan sendiri dengan penanganan yang tepat di rumah. Maka, Anda dapat mencoba menggunakan obat radang tenggorokan anak terlebih dahulu sebelum membawa sang buah hati ke dokter.

Daftar Obat Radang Tenggorokan Anak

Di bawah ini akan dibahas beberapa macam obat radang tenggorokan anak yang terbukti efektif mengatasi gejala radang tenggorokan pada anak. Anda dapat mencoba beberapa macam metode untuk menghilangkan gejala dan membantu menyembuhkan kondisi anak Anda. Bila obat di bawah tidak membuat anak Anda lebih baik, barulah Anda coba membawanya ke dokter. Berikut adalah beberapa macam obat radang tenggorokan anak:

  • Berkumur Air Garam

Bila umur anak sudah cukup besar, maka Anda dapat menggunakan larutan air garam sebagai obat radang tenggorokan anak. Bahan yang Anda perlukan untuk membuat larutan ini adalah 1 gelas air matang yang hangat, 1/4 sendok teh garam dan 1 sendok makan Listerine bila Anda mau. Campurkan ke 3 bahan di atas, lalu pakailah sebagai cairan berkumur. Perlu diingat bahwa penggunaan air hangat sebagai bahan berkumurlah yang efektif untuk metode ini, sedangkan penggunaan air dingin akan kurang efektif. Larutan ini akan membantu membunuh kuman dan meredakan perasaan nyeri dan sensasi terbakar pada tenggorokan Anda. Selain radang tenggorokan, berkumur air garam juga dapat menjadi obat amandel untuk anak.

  • Cukup Minum

Minum air dalam jumlah yang cukup merupakan obat radang tenggorokan anak yang tidak kalah penting. Mendapatkan asupan cairan yang cukup dapat membuat dahak lebih encer, melembapkan saluran tenggorokan dan mencegah keadaan dehidrasi. Bila tidak suka air putih, Anda dapat memberikan air teh, air susu, jus atau bahkan kuah sop ayam. Yang jelas, pastikan anak Anda mendapatkan minimal 8 gelas air atau 2 liter air setiap harinya. Minum air yang hangat dan dingin juga dapat menjadi obat amandel untuk anak. Berikan air dalam suhu yang anak inginkan.

  • Madu

Selain rasanya yang manis dan enak, madu dapat menjadi obat radang tenggorokan anak yang baik. Menurut banyak sekali penelitian, madu mempunyai efek antibakteri, antivirus dan antijamur. Selain itu, madu juga dapat melegakan rasa nyeri pada tenggorokan Anda. Madu dapat dikonsumsi dengan cara menelan 1 sendok makan madu. Selain itu, 1 sendok makan madu juga dapat Anda larutkan ke dalam segelas air hangat untuk diminum oleh anak Anda. Namun perlu dketahui bahwa anak dibawah umur 1 tahun dilarang mengkonsumsi madu.

  • Lemon atau Jeruk Nipis

Sejak jaman dahulu lemon dan jeruk nipis sudah terkenal dapat menyembuhkan dan memperlega penyakit radang tenggorokan. Kandungan astringen, Vitamin C dan antioksidan di buah ini akan membantu tubuh melawan infeksi, membunuh kuman dan mengencerkan dahak yang kental. Selain itu, lemon dan jeruk nipis juga mengandung nutrisi yang dapat membantu tubuh menjadi tidak mudah lelah. Banyak cara untuk menggunakan lemon sebagai obat radang tenggorokan anak, namun yang sedang marak direkomendasikan adalah penggunaannya sebagai obat kumur dan campuran minuman lain. Untuk berkumur, campurkan 2 sendok makan lemon atau jeruk nipis ke dalam air, lalu pakai larutan itu untuk berkumur.

Artikel mengenai daftar obat radang tenggorokan anak ini berlanjut ke halaman 2. Baca juga di halaman tersebut tentang gejala-gejala radang tenggorokan yang harus diwaspadai.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *