invisible hit counter

Beberapa Kiat dan Cara Mengecilkan Betis yang Bisa Dicoba

Beberapa Kiat dan Cara Mengecilkan Betis yang Bisa DicobaBegitu banyak kaum hawa yang mencari cara mengecilkan betis kaki. Ya, kecantikan fisik merupakan suatu hal yang cukup penting bagi perempuan. Mempunyai betis yang kecil, kencang, jenjang dan seksi merupakan impian perempuan. Apalagi betis yang kecil akan sangat menunjang penampilan menjadi lebih menarik di saat memakai rok selutut atau pun celana pendek. Maka, banyak perempuan yang mencari cara mengecilkan betis.

Sayangnya, rasanya lebih banyak yang mengeluhkan mengecilkan betis lebih sulit daripada mengecilkan perut. Banyak mitos yang mengatakan bahwa berolahraga menggunakan kaki justru akan membuat ukuran betis menjadi lebih besar. Kalau benar begitu, bagaimana cara terbaik mengecilkan betis? Apakah ada caranya selain dioperasi? Berikut artikel ini akan membahas beberapa tips dan kiat yang dapat Anda lakukan untuk memperkecil betis Anda menjadi lebih indah.

Cara Mengecilkan Betis Dengan Olahraga yang Cerdas

Anda benar, berolahraga menggunakan kaki dan betis dapat meperbesar ukuran betis Anda. Untungnya, tidak semua jenis olahraga akan membesarkan betis Anda. Tips dan trik cara mengecilkan betis ialah memilih jenis olahraga dan gaya hidup yang tepat sehingga tidak membuat betis semakin besar.

  1. Jangan sering menggunakan sepatu berhak tinggi. Meskipun menggunakan sepatu hak tinggi membuat betis Anda tampak sedikit lebih kecil, namun efek jangka panjangnya justru dapat membuat ukuran betis Anda bertambah! Hindari pemakaian hak tinggi dan hindari juga cara berjalan yang bertumpu pada bantalan kaki bagian depan Anda. Pilih sepatu flatshoes sebagai cara mengecilkan betis Anda agar menjadi lebih indah.
  1. Olahraga lari adalah cara mengecilkan betis dan paha. Berlari merupakan cara mengecilkan betis dan paha yang sangat baik. Tapi tunggu dulu, cara larinya tentu saja harus benar. Bayangkan seorang atlit lari sprint dan maraton. Atlit lari sprint (lari dengan kecepatan tinggi namun sebentar) biasanya mempunyai betis yang besar. Bandingkan dengan atlit lari maraton yang biasanya memiliki betis dan kaki yang lebih kecil.
    Lari dengan kecepatan yang tinggi serta dalam waktu singkat justru akan memperbesar otot betis Anda. Lari dengan kecepatan yang lebih rendah namun dalam waktu dan jarak yang lebih banyak tidak akan memperbesar otot betis Anda. Pilihlah trek lari di jalan datar yang tidak menanjak, karena semakin berat resistensi lari, semakin banyak pula otot betis yang terbentuk dan dampaknya akan membuat betis Anda tampak lebih besar.
    Lari dengan kecepatan sedang dan dalam waktu yang lebih lama juga sangat bagus untuk membakar lemak di daerah betis dan daerah tubuh lainnya. Intinya, lari akan membantu Anda menghilangkan lemak dan mengurangi masa otot betis Anda.
  1. Hindari aktivitas yang memerlukan kekuatan, tenaga dan kecepatan tinggi dari betis Anda. Cara mengecilkan betis yang lain ialah menghindari kegiatan seperti mendaki gunung, berlari di trek yang miring serta hiking. Kegiatan macam ini akan menambah massa otot betis.
  1. Hindari gerakan melompat seperti melakukan lompat tali. Sebaliknya, pilihlah olahraga seperi berenang dan berjalan kaki. Jangan memilih berolahraga yang berat, namun berolahragalah dalam waktu yang lebih lama. Berjalan kaki dapat menjadi cara mengecilkan betis karena memperpanjang otot di antara belakang lutut dan tumit.
  1. Hindari jenis olahraga yang berat pada betis. Ya, yang perlu diingat adalah tidak ada prinsip ingin mengecilkan perut maka harus melakukan sit up. Begitu juga dengan betis. Bila ingin mengecilkan betis, bukan berarti Anda melakukan olahraga yang hanya melibatkan otot betis. Olahraga berat yang melibatkan otot betis justru akan membuat otot betis membesar karena dilatih, bukan mengecil.
    Bila Anda ingin membakar lemak di sekitar betis, lakukan dengan mengatur pola makan dan olahraga intensitas sedang namun lebih lama. Dan ingat, Anda tidak bisa memilih hanya untuk membakar lemak di betis saja dengan cara olahraga yang terpusat pada betis.
  1. Stretching akan membuat otot betis tampak lebih panjang dan kecil. Stretching akan memperpanjang massa otot, bukan menambah massa otot. Maka, memilih olahraga seperti pilates, yoga atau senam kelenturan merupakan cara mengecilkan betis yang baik. Bila massa otot memanjang maka betis Anda akan terlihat lebih kecil namun kencang dan panjang.
  1. Lakukan gerakan memutar tumit. Ini merupakan cara mengecilkan betis yang mudah. Caranya ambil kursi dengan senderan. Duduk di kursi dengan punggung menyentuh dan bersandar pada sandarannya. Dalam posisi tersebut, putar tumit kaki kanan Anda searah jarum jam sebanyak 6 kali, lalu putar ke arah sebaliknya. Lakukan ini untuk kaki kiri juga. Lakukan latihan ini beberapa kali dalam sehari. Dengan melakukan latihan ini, diharapkan otot betis akan memanjang sehingga memberi efek betis Anda menjadi lebih kecil.
  1. Fokuslah untuk mengecilkan dan menurunkan berat badan secara keseluruhan. Seperti yang sudah dijabarkan, tidak ada jenis olahraga yang dapat memilih untuk mengikis lemak di daerah tertentu. Bila tubuh Anda memiliki persentasi kandungan lemak yang tinggi, berkonsentrasilah untuk menurunkan berat badan serta kandungan lemak tubuh Anda secara keseluruhan karena bila berat badan turun, maka lemak di daerah betis dan paha juga akan ikut berkurang.

Beberapa Faktor Penyebab Betis Besar

Betis yang besar dapat disebabkan oleh dua macam jaringan tubuh yang berebda yaitu lemak dan otot. Jaringan otot terutama dipengaruhi oleh banyak faktor lainnya.

  • Genetik : bila bentuk betis yang besar dimiliki pula oleh anggota keluarga lain terutama ayah atau ibu, maka tidak banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkannya. Alasannya ialah bentik bets yang besar tersebut merupakan kondisi keturunan. Pada beberapa orang,i tendon (penguhubung tulang dan otot) yang dimilikinya lebih pendek sehingga betis terlihat lebih besar
  • Olahraga : aktivitas berulang yang melibatkan bantalan kaki sebelah depan (pakai hak tinggi, jinjit) dapat memperbesar massa otot betis Anda.
  • Lemak : penimbunan lemak di daerah betis sering membuat betis tampak besar. Sayangnya, area betis merupakan area terakhir pembakaran lemak ketika berolahraga. Namun, bila melakukan olahraga yang rajin dan konsisten, Anda tetap dapat mengurangi lemak di bagian ini.

Banyak perempuan yang mempunyai betis besar. Salah satu cara lain yang dapat Anda lakukan ialah menjadi percaya diri dan fokuskan perhatian Anda ke bagian tubuh lain yang lebih indah. Misalnya saja mata Anda, atau senyum Anda atau mungkin rambut Anda. Bahkan bintang terkenal seperti Katie Holmes pun memiliki betis yang besar namun tetap terlihat cantik dan percaya diri. Untuk betis yang besar karena genetik, jangan lupa untuk menghindari aktivitas yang dapat memperbesar betis. Semoga artikel cara mengecilkan betis ini memberi manfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *