invisible hit counter

Bagian Otak dan Fungsinya dalam Sistem Koordinasi Tubuh

Otak merupakan organ yang vital bagi kehidupan manusia, oleh karena itu artikel berikut ini akan membahas bagian otak dan fungsinya. Sebagaimana kita ketahui, bahwa otak merupakan pusat pikiran dan memori manusia. Sehingga setiap kegiatan yang berkaitan dengan proses berfikir dan daya ingat, pastilah harus menggunakan otak. Tidak hanya itu saja, otak juga merupakan pusat syaraf yang mengendalikan semua gerakan dan fungsi organ tubuh. Jadi dapat dikatakan bahwa otak merupakan “pusat komando” terhadap semua aktifitas dan pergerakan yang dilakukan oleh tubuh manusia.

Otak manusia memiliki volume sekitar 1350 cc dan di dalamnya terdapat sekitar 100 juta sel syaraf. Secara anatomis, otak terbagi menjadi dua bagian sisi, yaitu bagian otak kiri dan otak kanan. Otak kiri merupakan pusat berfikir yang berkaitan dengan logika atau pemikiran yang pasti. Otak kiri juga berperan untuk mengendalikan gerakan tubuh pada sisi kanan. Sedangkan otak kanan merupakan pusat berfikir yang berkaitan dengan kreatifitas. Kebalikannya dari otak kiri, peran otak kanan adalah untuk mengendalikan pergerakan tubuh sebelah kiri. Baik otak kanan maupun otak kiri sama-sama pentingnya, oleh karena itu manusia perlu menyeimbangkan peran otak kanan dan kiri agar keduanya dapat berfungsi optimal.

Bagian-Bagian Otak dan Fungsinya yang Sangat Vital

Secara keseluruhan, otak terbagi dari bagian-bagian yang masing-masing menjalankan perannya yang sangat penting dalam sistem koordinasi tubuh manusia. Otak terdiri dari 4 bagian utama, yaitu otak besar, otak kecil, batang otak, dan sistem limbik. Keempat bagian otak dan fungsinya akan diuraikan dalam penjelasan berikut ini:

  1. Otak besar/cerebrum

Otak besar merupakan bagian otak dan fungsinya yaitu untuk berfikir, merencanakan sesuatu, mengingat sesuatu, merangsang kreatifitas, serta berperan dalam proses berbicara/berbahasa, melihat, dan mendengar. Otak besar merupakan bagian yang paling besar di otak. Pada bagian ini sangat menentukan tinggi rendahnya IQ seseorang. Jika otak besarnya bagus, maka IQ nya juga bagus, demikian juga sebaliknya. Otak besar terdiri dari beberapa ruang/lobus, yaitu lobus frontal, parietal, temporal, dan occipital.

Lobus frontal merupakan bagian depan dari otak besar. Lobus frontal mempunyai fungsi agar manusia dapat memberikan penilaian terhadap sesuatu, membuat perencanaan, membuat alasan, dapat mencari solusi terhadap suatu masalah, merangsang kreatifitas, mengendalikan proses berbicara dan berbahasa, serta mengontrol perilaku seseorang.

Lobus parietal berada di bagian tengah otak besar. Lobus ini berperan untuk melakukan sensor terhadap perasaan terutama yang berhubungan dengan respon sentuhan, perasaan tertekan, dan mengendalikan rasa sakit.

Lobus temporal merupakan bagian samping otak besar. Lobus ini berperan penting agar manusia dapat mendengar, mampu menangkap dan menginterpretasikan informasi, serta menangkap pembicaraan dan bahasa dalam bentuk suara.

Lobus occipital terletak di bagian belakang otak besar. Lobus ini mempunyai fungsi utama untuk menanggapi respon berupa visual. Jadi penampakan visual yang ditangkap oleh mata akan diteruskan melalui serabut syaraf dan akan ditanggapi dan diinterpretasikan oleh otak besar di bagian occipital ini.

  1. Otak kecil/cerebellum

Otak kecil yang letaknya di kepala bagian belakang ini merupakan bagian otak dan fungsinya yaitu sebagai pusat kesiembangan. Selain itu otak kecil berperan penting untuk mengatur gerakan otot tubuh, mengatur posisi dan sikap tubuh, dan mengontrol kegiatan yang berhubungan dengan kecermatan/ketelitian.

Otak kecil juga berfungsi untuk mengendalikan gerakan secara otomatis, misalnya gerakan mengendalikan stang sepeda motor, menggerakkan tangan ketika mengetik, menyetir mobil, dan sebagainya. Orang yang mengalami gangguan pada otak kecil, biasanya akan mengalami gangguan keseimbangan tubuh dan terjadi ketidaksinkronan antara apa yang ingin dikerjakan dengan respon gerakan tubuhnya.

  1. Batang otak

Batang otak merupakan bagian otak dan fungsinya yaitu untuk mengatur pernafasan, detak jantung, pencernaan, mengendalikan kesadaran, mengendalikan insting terhadap adanya suatu ancaman/bahaya, mengatur rasa kenyamanan, serta mengatur gerakan refleks. Batang otak memiliki 3 bagian yaitu mesencephalon/otak tengah, medula oblongata, dan pons.

Mesenchepalon atau yang sering disebut sebagai otak tengah merupakan bagian dari batang otak yang letaknya di bagian atas, atau sebagai penghubung antara otak besar dan otak kecil. Fungsi otak tengah atau mesenchepalon ini yaitu untuk mengontrol indera penglihatan (mengatur otot mata dan membesar mengecilnya pupil), ikut mengatur dalam proses pendengaran serta membantu mengendalikan gerakan tubuh.

Medula oblongata atau bagian bawah dari batang otak merupakan bagian otak dan fungsinya yaitu untuk mengatur gerakan refleks, mengendalikan detak jantung, mengatur pernafasan, pencernaan, dan mengendalikan sirkulasi peredaran darah.

Pons merupakan bagian dari batang otak yang bertugas sebagai stasiun pemancar, dimana bagian ini berperan untuk mengirimkan udara ke bagian pusat otak. Pons berperan penting dalam mengatur kesadaran dan rasa kantuk manusia. Jadi pons ini sangat menentukan seseorang agar dalam posisi terjaga, menentukan kapan saatnya tidur, serta terbangun dari tidurnya.

  1. Sistem limbik

Sistem limbik merupakan bagian otak dan fungsinya yaitu untuk mengatur perasaan senang atau sedih, emosi, rasa haus, lapar, hasrat seksual, serta mengatur suhu tubuh. Sistem limbik terdiri dari beberapa bagian yaitu talamus, hipotalamus, girus singulata, amigdala, hipokampus, dan ganglia basal.

Talamus mempunyai fungsi untuk meyampaikan respon yang diterima dari indera penciuman dan penglihatan. Sedangkan hipotalamus mempunyai banyak fungsi antara lain yaitu untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh (homeostatis), mengatur suhu tubuh, perasaan senang, dan mengatur nafsu makan.

Girus singulata berperan sebagai jalur penghubung yang mengirimkan pesan antara bagian dalam dan luar sistem limbik. Amigdala berfungsi untuk mempersiapkan tubuh dalam situasi darurat, mengatur rasa kaget, rasa marah, rasa takut, serta dorongan/keinginan seksual.

Hipokampus berperan penting untuk menyimpan memori jangka panjang. Sedangkan ganglia basal merupakan kumpulan badan sel syaraf yang berfungsi untuk mengkoordinasikan gerakan otot dalam postur tubuh. Secara lebih khusus, ganglia basal bertugas untuk memblokir gerakan tubuh yang tidak diinginkan terjadi.

Setelah mengetahui bagian otak dan fungsinya seperti yang telah diterangkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa otak merupakan organ vital yang terdiri dari sebuah sistem yang saling bekerjasama dalam melakukan fungsi koordinasi tubuh manusia. Karena merupakan organ yang sangat vital, maka kita harus selalu menjaganya agar fungsinya selalu optimal. Untuk menjaga kesehatan kesehatan otak, hal yang dilakukan antara lain yaitu dengan mencukupi kebutuhan nutrisi otak (terutama vitamin dan mineral), asupan cairan yang cukup, olahraga secara teratur, menghindari rokok dan alkohol, menjauhi obat-obatan terlarang, menjaga tekanan darah dan kolesterol agar selalu normal, istirahat yang cukup, dan menghindari stres.

Untuk menjaga kebugaran otak juga dapat dilakukan dengan merangsangnya dengan selalu melatih pikiran, misalnya saja dengan membaca buku, menulis, bermain kuis atau teka-teki, mengajar, dan sebagainya. Anda sebaiknya memeriksakan ke dokter apabila Anda atau orang terdekat terdapat gejala yang mengarah kepada gangguan di otak. Banyak penyakit yang harus Anda waspadai akibat mengalami gangguan pada organ otak. Penyakit tersebut antara lain yaitu stroke, epilepsi, hidrosefalus, cerebral palsy, alzheimer, parkinson, meningitis, ensefalitis, maupun adanya tomor/kanker di otak. Adanya gangguan di otak biasanya ditandai dengan sering menderita sakit kepala, berkurangnya fungsi dari satu atau beberapa bagian anggota tubuh, menurunnya memori/ingatan, menurunnya kesadaran, atau terjadinya kelumpuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *