invisible hit counter

Apa Saja yang Terjadi Saat Usia Janin 17 Minggu?

Apa Saja yang Terjadi Saat Usia Janin 17 Minggu?Ketika kehamilan sudah memasuki usia janin 17 minggu, ada beberapa perubahan yang terjadi pada janin dan juga pada sang ibu. Baik secara fisik ataupun mental, sedikit banyak sang ibu biasanya akan mengalami perubahan yang terkadang juga tidak disadari oleh diri sendiri ataupun orang lain. Nah, ketika usia janin 17 minggu dalam kandungan, pusat gravitasi akan berubah. Maka dari itu usahakan untuk selalu memposisikan tubuh Anda dengan tepat supaya tidak memberikan beban berlebihan terhadap punggung yang bisa mengakibatkan rasa nyeri dan keseleo. Ada beberapa cara atau tips sederhana yang harus Anda lakukan ketika usia janin sudah memasuki minggu-minggu ini, pasalnya biasanya Anda masih biasa dengan kondisi fisik seperti yang tengah Anda rasakan ini. Bagi beberapa ibu hamil, biasanya akan terjadi nyeri saraf yang tentunya akan cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Biasanya rasa nyeri yang dirasakan seolah memiliki efek domino, bisa terjadi dan menjalar dari bagian tulang belakang, bokong, hingga bisa dirasakan pada kedua kaki Anda. Hal ini dikarenakan berat bayi akan semakin bertambah dan akan menekan saraf-saraf bagian tersebut.

Perubahan Fisik Ibu Saat Usia Janin 17 Minggu

Ketika usia kehamilan sudah memasuki minggu ke-17, tentu saja Anda akan menalami beberapa perubahan fisik, baik di luar ataupun di dalam tubuh. Ketika Anda hamil, biasanya akan ada suplai darah yang berjumlah banyak sehingga terkadang Anda merasa panas atau gerah. Bahkan meskipun suasana lingkungan sekitar sedang dingin, Anda tetap akan merasa panas. Jika Anda melihat ke bagian telapak tangan Anda, maka Anda akan melihat telapak tangan Anda berwarna kemerahan karena ada darah di dalamnya. Dan jika Anda mengalami hal tersebut, Anda tidak perlu cemas atau khawatir akan terjadi sesuatu kepada Anda.

Bukan hanya pada telapak tangan saja, akan tetapi jika Anda memeriksa dan menyadarinya maka pembuluh darah pada bagian kaki juga akan terlihat lebih jelas ketimbang kondisi biasanya. Akan tetapi Anda juga akan memiliki kelemahan apabila berdiri terlalu lama. Biasanya kaki Anda akan lebih mudah terasa sakit. Dan biasanya Anda akan mengalami varises, maka dari itu biasanya beberapa wanita menggunakan stocking untuk membantu mengembalikan darah supaya mengalir ke arah atas. Jika Anda sudah mulai merasa sakit pada bagian kaki, maka segeralah duduk.

Pertanda fisik lainnya yang dialami oleh ibu hamil pada saat usia janin 17 minggu adalah rontoknya rambut yang cukup sering. Meskipun Anda sudah menggunakan shampo yang tepat, mungkin kondisi ini akan terus terjadi. Namun Anda tidak perlu khawatir karena biasanya akan berhenti secara otomatis selama proses kehamilan Anda. Bukan hanya pada rambut, akan tetapi kuku-kuu Anda pun akan telrihat berbeda dengan kondisi kuku Anda sebelum hamil. Ketika hamil, kondisi kuku Anda akan terasa cenderung lebih rapuh. Maka dari itu Anda disarankan menggunakan vitamin kuku untuk membuat kuku-kuu Anda menjadi lebih kuat.

Perubahan Emosi Sang Ibu pada Kehamilan Minggu ke-17

Nah, selain kondisi fisik ibu yang sudah jelas mengalami perubahan dari ujuk rambut ke ujung kaki, bahkan juga di dalam tubuh, sang ibu biasanya juga akan mengalami kondisi emosional yang cukup berbeda pada usia janin 17 minggu ini. Ada sikap-sikap yang mungkin tidak pernah dilakukan oleh ang ibu sebelumnya. Salah satunya adalah Anda akan merasa menghabikan waktu yang cukup lama di depan lemari hanya untuk memilih baju yang tepat untuk Anda. Salah satu penyebabnya adalah faktor perubahan fiik Anda yang bisa membuat baju-baju Anda menjadi lebih ketat dan tidak nyaman untuk dipakai. Dan jika Anda ingin lebih praktis, lebih baik Anda mulai menyiapkan dan membeli beberapa baju hamil, terutama bagi Anda yang baru pertama kali hamil.

Pembahasan perubahan emosi sang ibu pada kehamilan minggu ke-17 berlanjut ke halaman berikutnya, begitu juga dengan apa saja perkembangan janin pada usia minggu ke-17 ini.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *