invisible hit counter

Apa Obat Anyang-Anyangan pada Wanita yang Manjur?

Anyang-anyangan dapat menyerang pria maupun wanita, namun dengan melihat fakta bahwa seorang wanita beresiko terkena anyang-anyangan yang sangat tinggi (mencapai hingga 50%), informasi mengenai obat anyang-anyangan pada wanita pun banyak dicari. Tidak hanya resiko terkena anyang-anyangan yang sangat tinggi, kemungkinan seorang wanita untuk berulang kali terkena anyang-anyangan, bahkan hingga bertahun-tahun pun tidak kalah tingginya. Anyang-anyangan ternyata lebih dari sekedar rasa tidak puas usai buang air kecil atau buang air kecil yang hanya sedikit-sedikit. Ternyata, anyang-anyangan dapat menjadi indikasi adanya masalah yang lebih serius, yakni infeksi saluran kencing (ISK).

Ketika Anda mengalami anyang-anyangan, permasalahan tidak hanya terjadi pada kandung kemih Anda, namun juga dapat mencakup ginjal, ureter, maupun uretra. Hal ini karena sistem perkemihan kita terdiri dari organ-organ tersebut. Anyang-anyangan dapat menyerang siapa saja. Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kemungkinan seorang wanita untuk mengalami anyang-anyangan lebih tinggi. Hal ini dikarenakan saluran uretra pada wanita lebih pendek.

Artikel ini akan membahas tidak hanya obat anyang-anyangan pada wanita, akan tetapi penyebab dan cara pencegahan anyang-anyangan juga akan dijelaskan lebih lanjut, dengan pertimbangan bahwa seorang wanita mungkin mengalami anyang-anyangan yang berulang kali atau menahun. Dengan memahami penyebab dan cara pencegahan, diharapkan seorang wanita dapat melakukan langkah-langkah preventif agar anyang-anyangan tidak kambuh kembali.

Sebelum Membahas Obat Anyang-Anyangan pada Wanita, Ketahuilah Cara Kerja Sistem Perkemihan dan Gejala ISK Berikut Ini!

Pertama-tama kita harus memahami bagaimana sistem perkemihan kita bekerja. Seluruh darah dalam tubuh kita akan disaring di ginjal. Di ginjal, kotoran yang ada dalam darah akan disaring dan dikeluarkan dalam bentuk air seni. Melalui ureter, air seni tersebut kemudian akan dialirkan dari ginjal menuju tempat penampungan air seni yang disebut dengan kandung kemih. Setelah ditampung, air seni akan dibuang dari tubuh melalui saluran yang dinamakan uretra.

Dengan melihat ‘perjalanan’ air seni tersebut mulai dari sejak diproduksi hingga dibuang oleh tubuh, maka kita dapat menyimpulkan bahwa ketika Anda mengalami anyang-anyangan, ISK dapat terjadi pada saluran kemih bagian atas atau bagian bawah. ISK bagian atas menyerang ginjal dan ureter, sementara ISK bagian bawah menyerang kandung kemih dan uretra. Gejala yang ditimbulkan dari kedua jenis ISK itu pun berbeda.

Selain anyang-anyangan, ISK bagian atas disertai dengan demam, menggigil, mual muntah, dan nyeri di pinggang dan/atau punggung. Sedangkan ISK bagian bawah selain ditandai dengan anyang-anyangan, juga terdapat beberapa gejala lain seperti nyeri saat buang air kecil, nyeri pada perut bagian bawah, rasa tertekan di area panggul, bau air seni menyengat, warna air seni keruh dan kadang bercampur darah, dan badan terasa lelah. Memahami cara kerja sistem perkemihan dan gejala yang menyertai anyang-anyangan akan membantu menentukan obat anyang-anyangan pada wanita yang tepat.

Bagaimana Cara Mengobati Anyang-Anyangan?

ISK yang salah satu gejalanya adalah anyang-anyangan, disebabkan oleh penyakit menular seksual atau dapat juga oleh bakteri Escherichia coli yang umumnya hidup di saluran cerna. Diperkirakan bakteri ini masuk ke saluran kemih ketika seseorang kurang bersih dalam membilas seusai buang air kecil maupun besar. Atau dapat juga karena cara pembersihan yang salah (dari arah belakang ke depan). Uretra wanita dekat dengan anus. Itulah sebabnya jika seorang wanita kurang bersih atau membersihkan dengan cara yang salah, ia akan rentan terkena ISK yang salah satu gejalanya adalah anyang-anyangan.

Dengan demikian, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa anyang-anyangan tidak dapat diobati secara terpisah tanpa mengobati infeksinya. Untuk mengurangi nyeri dan ketidaknyamanan di bagian perut, Anda memang dapat mengoleskan balsam atau minyak kayu putih, atau menempatkan kantong atau botol berisi air hangat pada perut bagian bawah Anda. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk banyak minum untuk membantu membilas bakteri dari saluran kemih. Akan tetapi, langkah-langkah tersebut juga harus dibarengi dengan pengobatan dari dokter.

Ketika Anda mengalami anyang-anyangan disertai salah satu atau lebih tanda dan gejala yang sudah disebutkan, segera periksakan diri Anda ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mengambil sampel urin untuk mendeteksi kemungkinan keberadaan bakteri yang menyebabkan anyang-anyangan. Setelah bakteri penyebab anyang-anyangan terkonfirmasi, dokter akan meresepkan pemberian antibiotik yang sesuai dengan jenis bakteri dalam urin tersebut. Antibiotik tersebut harus Anda konsumsi sampai habis.

Selain antibiotik yang telah disesuaikan dengan jenis bakteri yang ditemukan dalam sampel urin, obat anyang-anyangan pada wanita juga meliputi analgesik (pereda nyeri) seperti misalnya parasetamol, yang mungkin akan diberikan oleh dokter untuk meredakan demam atau nyeri akibat anyang-anyangan yang Anda alami. Setelah dilakukan pengobatan selama beberapa hari, biasanya anyang-anyangan yang diakibatkan oleh ISK ringan akan mereda. Akan tetapi, apabila anyang-anyangan akibat ISK berulang kali kambuh, ada kalanya dokter mengambil langkah pengobatan lainnya, seperti:

  • Meresepkan pemberian antibiotik untuk dikonsumsi setelah Anda dan pasangan berhubungan badan, jika dicurigai anyang-anyangan akibat ISK diakibatkan oleh penyakit menular seksual.
  • Meresepkan pemberian antibiotik dalam jangka waktu yang lebih lama.
  • Obat anyang-anyangan pada wanita juga meliputi terapi estrogen. Pada wanita yang telah memasuki menopause, dokter akan mempertimbangkan untuk memberikan terapi estrogen untuk mengurangi resiko kekambuhan anyang-anyangan.
  • Anyang-anyangan akibat ISK yang parah biasanya membutuhkan pemberian antibiotik lewat infus di rumah sakit.

Pengobatan untuk menghilangkan anyang-anyangan akibat ISK sangat penting. Hal ini karena infeksi saluran kemih apabila dibiarkan berlarut-larut dapat membawa komplikasi yang lebih serius, seperti misalnya kerusakan ginjal akibat infeksi ginjal baik akut maupun kronis. Pada ibu hamil, apabila anyang-anyangan akibat ISK dibiarkan begitu saja, akan memperbesar resiko bayi yang dikandungnya lahir prematur atau lahir dengan berat badan lahir rendah.

Anyang-anyangan ternyata pertanda dari sesuatu yang tidak dapat kita anggap remeh. Namun bukan berarti tidak ada cara yang dapat kita lakukan untuk mencegahnya. Cara yang paling mudah untuk mencegah anyang-anyangan adalah konsumsi cukup cairan untuk mengeluarkan bakteri dan memperlancar pembuangan air seni. Jangan biasakan diri untuk menunda buang air kecil. Setelah buang air besar atau kecil, bilas organ vital dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri dari anus masuk ke organ kewanitaan Anda.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membatasi konsumsi minuman yang beresiko menimbulkan iritasi pada kandung kemih, seperti misalnya minuman beralkohol dan yang mengandung kafein. Selain itu, hindari penggunaan semprotan deodoran atau bedak pada area kewanitaan karena beresiko menimbulkan iritasi.

Demikian artikel mengenai obat anyang-anyangan pada wanita yang dapat kami sajikan, tentu saja dengan disertai penyebab, cara pencegahan, cara kerja sistem perkemihan dan gejala lain yang ikut timbul selain anyang-anyangan itu sendiri. Memahami anyang-anyangan secara menyeluruh akan lebih membantu dalam menentukan obat yang efektif, mencegah komplikasi yang mungkin timbul, dan agar anyang-anyangan tidak sering kambuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *