invisible hit counter

Aneka Pilihan Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks

Aneka Pilihan Makanan yang Mengandung Vitamin B KompleksVitamin B mempunyai manfaat yang sangat penting bagi tubuh oleh karena itu penting diketahui apa saja makanan yang mengandung vitamin B Kompleks. Sebagaimana kita ketahui bahwa vitamin merupakan nutrisi yang berperan besar sebagai zat pengatur dalam berbagai reaksi kimia di dalam tubuh serta berperan penting dalam proses metabolisme. Begitu juga dengan vitamin B, zat ini harus disediakan dalam makanan yang kita makan sehari-hari sebab tidak dapat diproduksi sendiri di dalam tubuh. Vitamin B terdiri dari 8 tipe, yaitu vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pentotenat), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B7 (biotin), vitamin B9 (asam folat), dan vitamin B12 (kobalamin).

kedelapan tipe vitamin B mempunyai fungsinya masing-masing. Fungsi dari vitamin B1 yaitu berperan dalam produksi energi, meningkatkan memori dan fungsi otak. Vitamin B2 berfungsi sebagai energi, menjaga kesehatan kulit, rambut, dan mata. Vitamin B3 berfungsi sebagai energi, regulasi gula darah, kesehatan kulit, dan fungsi otak. Vitamin B5 berfungsi sebagai energi, kesehatan saraf, kulit, dan rambut. Vitamin B6 untuk memproduksi sel darah merah dan menjaga sistem kesehatan sistem saraf. Vitamin B7 berfungsi menjaga kesehatan kulit, kuku, rambut, dan berperan dalam pemecahan glukosa. Vitamin B9 berperan menjaga kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Sedangkan vitamin B12 berperan dalam melancarkan sistem saraf, produksi energi dan sel darah merah.

Berbagai Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks

Salah satu keistimewaan vitamin B di banding vitamin lainnya, bahwa vitamin B terdiri dari berbagai tipe dan masing-masing tipe memiliki komposisi dan fungsinya sendiri-sendiri seperti yang telah dijelaskan di atas. Gabungan dari kedelapan vitamin B tersebut sering disebut sebagai vitamin B kompleks. Supaya asupan vitamin B kita lengkap, maka sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung semua tipe vitamin B (B kompleks). Berbagai makanan yang mengandung vitamin B kompleks antara lain sebagai berikut:

  1. Beras Merah

Beras merah merupakan salah satu jenis makanan pokok yang banyak mengandung vitamin B kompleks. Memang makanan ini kurang populer daripada nasi putih, padahal beras merah mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan nasi putih. Selain kandungan vitamin B kompleksnya yang tinggi, beras merah tersusun dari karbohidrat kompleks sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Beras merah juga mengandung senyawa manakolin K yang berperan untuk menurunkan kolesterol. Konsumsi beras merah sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, mengontrol gula darah, melancarkan pencernaan, menangkal radikal bebas, serta menjaga kesehatan tulang dan otak.

  1. Kentang

Kentang dalam menu makanan sehari-hari dapat dimasak serba guna, seperti untuk membuat roti, sebagai sayuran, camilan, bahkan dapat digunakan sebagai pengganti makanan pokok. Kentang merupakan makanan yang mengandung vitamin B kompleks dan direkomendasikan bagi Anda yang sedang menjalani diet. Kentang mengandung karbohidrat jenis kompleks sehingga tidak cepat diubah menjadi energi yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Kentang juga sangat baik sebagai pengganti nasi terutama bagi penderita diabetes. Konsumsi kentang juga bermanfaat untuk mencegah kanker prostat, menjaga fungsi jantung, menjaga kesehatan mata, merawat kecantikan kulit.

  1. Asparagus

Sayuran ini memang bukan sayuran asli Indonesia, namun saat ini sudah banyak ditemui di supermarket sekitar kita. Asparagus merupakan makanan yang mengandung vitamin B kompleks yang memberikan banyak manfaat pada tubuh. Manfaat yang terkandung dalam asparagus antara lain yaitu dapat melancarkan saluran pencernaan, mencegah diabetes, menjaga kesehatan jantung, menangkal kerusakan kulit, menjaga kesehatan mata, dan mencegah penyakit ginjal.

  1. Daging merah

Makanan yang mengandung vitamin B kompleks yang berikutnya yaitu daging merah. Makanan ini berasal dari produk hewani dan merupakan penyedia vitamin B yang sangat lengkap. Konsumsi daging merah sangat baik untuk membangun sel-sel tubuh, sebagai sumber energi yang besar, dan meningkatkan fungsi kognitif. Namun Anda harus berhati-hati jika memiliki riwayat kolesterol tinggi, sebab konsumsi daging merah yang berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol darah.

  1. Bayam

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan sayuran yang satu ini karena sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sehari-hari. Harganya yang murah, gizinya yang tinggi, rasanya yang enak dan segar membuat sayuran ini banyak dicari. Bayam ternyata juga merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin B kompleks. Manfaat yang terkandung di dalam bayam antara lain yaitu melancarkan pencernaan, memperbaiki sel-sel yang rusak, baik untuk pertumbuhan, melindungi kulit dari radikal bebas, dan melindungi lambung dan usus dari zat racun.

  1. Kacang almond

Kacang yang mempunyai rasa yang lezat ini juga merupakan makanan yang mengandung vitamin B kompleks. Selain mengandung vitamin B kompleks, kacang almond juga mengandung vitamin E, senyawa flavanoid, dan asam lemak tak jenuh yang berperan untuk melindungi jantung dan arteri dari kerusakan. Konsumsi kacang almond mempunyai manfaat antara lain yaitu untuk menurunkan lemak jahat dalam darah, memperkuat janin dan menurunkan risiko bayi lahir cacat, memperkuat tulang, dan meningkatkan kecerdasan otak.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan makanan dari golongan buah-buahan yang kaya akan vitamin B kompleks. Alpukat sangat cocok dikonsumsi sebagai juss atau campuran membuat es campur. Selain mengandung vitamin B, alpukat juga mengandung nutrisi lain seperti serat, kalsium, fosfor, magnesium, kalium, vitamin E, protein, dan senyawa pitosterol. Konsumsi alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga kekuatan tulang, mengurangi kolesterol jahat, dan sebagai sumber energi yang baik.

Selain makanan yang mengandung vitamin B kompleks yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak jenis makanan lain yang juga mengandung vitamin B kompleks. Makanan tersebut antara lain yaitu sawi, brokoli, kailan, apel, pisang, blueberry, jamur, peterseli, terong, kol, kacang mete, kacang tanah, kacang hijau, bekatul, ikan salmon, telur, dan susu. Untuk mendapatkan nutrisi vitamin B secara lengkap maka sebaiknya konsumsilah makanan secara bervariasi. Jika Anda menderita kekurangan vitamin B namun susah mendapatkan asupan nutrisi dari makanan maka sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk kemungkinan mendapatkan suplemen vitamin B kompleks. Dengan mengkonsumsi vitamin B secara lengkap (B kompleks) maka Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan karena kekurangan vitamin B.

Setiap tipe vitamin B juga memiliki efeknya masing-masing jika jumlahnya kurang dari kebutuhan tubuh. Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan beri-beri. Kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan penyakit ariboflavinosis, yaitu suatu penyakit dengan gejala bibir pecah-pecah, faringitis, peradangan pada lidah, dan sensitif terhadap sinar matahari. Kekurangan vitamin B3 dapat menyebabkan penyakit pellagra, kekurangan vitamin B5 dapat menyebabkan jerawat dan parasthesia (kelumpuhan). Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan anemia, hipertensi, dermatitis, dan depresi. Kekurangan vitamin B7 dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan gangguan neurologis pada bayi. Kekurangan vitamin B9 dapat menyebabkan anemia dan cacat lahir pada bayi. Dan kekurangan vitamin B 12 dapat menyebabkan enemia serta menurunnya fungsi memori dan kognitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *