invisible hit counter

8 Tips Cara Tidur Cepat yang Jitu dan Mudah Dilakukan

8 Tips Cara Tidur Cepat yang Jitu dan Mudah DilakukanBanyak orang saat ini mengalami kesulitan untuk tidur atau yang sering disebut dengan insomnia, sehingga tidak jarang jika anda menemukan artikel yang membahas mengenai cara tidur cepat. Banyak hal sebenarnya yang bisa menjadi penyebab seseorang mengalami sulit tidur di malam hari. Berbagai masalah psikis dan juga fisik bisa menjadi dalang dibalik kondisi ini, seperti kondisi depresi yang dapat bisa menyebabkan anda kehilangan rasa kantuk meskipun sudah berada di tempat tidur. Hal ini tentu tidak anda inginkan karena dengan beristirahat yang cukup di malam hari, seseorang akan mempersiapkan fisik maupun pikirannya agar mampu menjalani seluruh aktivitas keesokan harinya. Tanpa kualitas tidur yang optimal anda dapat kehilangan konsentrasi dan produktivitas dalam belajar ataupun bekerja dan hal ini tentu harus kita hindari. Untuk itu mari kita bersama-sama menyimak beberapa tips sederhana cara tidur cepat berikut ini.

8 Tips Sederhana Cara Tidur Cepat yang Dapat Anda Lakukan

Waktu tidur malam yang optimal dan dianjurkan oleh pakar kesehatan adalah minimal 7 jam setiap harinya. Orang yang memiliki kebiasaan tidur terlambat dan kurang dari waktu optimal ini cenderung akan mengalami gangguan kesehatan, karena ternyata tidur sendiri bukanlah sekedar aktivitas istirahat yang dilakukan oleh tubuh melainkan memiliki peran penting terhadap kesehatan. Melihat kenyataan ini, mari kita simak apa saja tips cara tidur cepat yang sederhana berikut ini.

  1. Berendam dengan air hangat

Cara tidur cepat yang pertama dan sudah sangat terkenal adalah berendam dengan air hangat. Cara sederhana ini diketahui mampu membuat anda lebih rileks setelah mengalami penatnya aktivitas harian dan akhirnya membuat anda lebih mudah tidur. Anda dapat menyiapkan air hangat baik di dalam bathtub ataupun di dalam ember untuk berendam atau sekedar untuk mandi dengan menggunakan air hangat tersebut.

Jika anda memiliki tempat berendam atau bathtub di rumah, maka anda bisa berendam selama kurang lebih 20 menit. Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menambahkan wangi-wangian tertentu seperti lavender ke dalam air hangat tersebut. Pilihlah wangi-wangian yang anda sukai dan dapat membuat diri lebih rileks sehingga akhirnya anda dapat tidur dengan mudah.

  1. Mengkonsumsi minuman hangat

Cara tidur cepat berikutnya yang tidak kalah sederhana untuk dilakukan adalah dengan mengkonsumsi minuman hangat. Sama halnya dengan berendam air hangat di atas, dengan mengkonsumsi minuman hangat anda diharapkan menjadi lebih rileks dan mudah untuk tidur lelap. Anda bisa memilih susu atau teh hangat sebagai minuman malam hari sebelum tidur, hal ini selain untuk membuat lebih rileks juga untuk mencegah anda merasa lapar pada malam hari. Beberapa orang mengeluhkan kesulitan untuk tidur di malam hari karena mereka merasa lapar loh! Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan?

  1. Kamar tidur nyaman

Selanjutnya suasana kamar tidur anda tentu saja akan mempengaruhi kualitas tidur anda pada malam hari. Anda tentu akan mudah tidur di dalam kamar hotel berbintang dibanding tidur di dalam kamar yang kotor dan tidak terurus, tentu saja hal ini sama seperti kondisi di kamar tidur anda. Anda tidak kami anjurkan untuk menginap di hotel untuk mendapat kualitas tidur yang baik, melainkan ubahlah kamar tidur anda layaknya hotel berbintang.

Anda dapat membuat kamar anda senyaman mungkin, dengan cara menjaga kebersihannya, mengatur dan menata barang-barang di dalam kamar, mengatur penerangan atau dengan mematikan lampu saat ingin tidur dan juga mengatur suhu di dalam kamar sehingga optimal untuk membuat anda tidur dengan mudah setiap harinya.

  1. Hindari alat elektronik

Masalah yang menghantui para remaja yang sering mengaku susah tidur di malam hari adalah keterikatan terhadap barang-barang elektronik di sekitar mereka. Untuk itulah cara tidur cepat yang tepat bagi mereka adalah dengan menghindarkan alat-alat elektronik seperti handphone, laptop dan TV.  Anda dapat mematikan barang-barang ini setidaknya 1 jam sebelum tidur atau sekedar meletakkannya di tempat yang jauh dari jangkauan tangan sehingga anda dapat tidur dengan mudah dan tidak terganggu baik karena bunyi alat-alat tersebut atau karena ingin sekedar memainkannya.

  1. Tempat tidur yang nyaman

Selain kamar tidur yang nyaman, secara lebih detail anda perlu memperhatikan tempat tidur anda setiap malamnya. Cara tidur cepat yang satu ini memang bersifat relatif bagi setiap orang dan bergantung pada kenyamanan masing-masing orang. Anda  dapat memilih baik kasur maupun jenis bantal tertentu untuk membantu anda mendapat kualitas tidur yang baik setiap harinya.

  1. Kurangi asupan kafein

Selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam tips sederhana cara tidur cepat adalah hindari mengkonsumsi kafein di malam hari. Seperti sudah dibahas sebelumnya minuman hangat sebelum tidur dapat membantu anda agar lebih rileks dan dapat tidur dengan cepat, namun hal ini tidak berlaku jika yang anda konsumsi adalah secangkir kopi hangat. Kopi dan makanan berkafein tinggi lainnya harus anda batasi pada malam hari karena justru akan membuat anda terjaga dan kesulitan untuk tidur dengan pulas.

  1. Peregangan atau pijat sederhana

Cara tidur cepat berikutnya juga ampuh pada sebagian penderita sulit tidur yakni dengan dipijat atau melakukan peregangan sendiri sebelum tidur. Hal ini dilakukan agar ketegangan otot dapat berkurang dan anda dapat semakin rileks sehingga dapat tidur dengan cepat. Anda bisa melakukan peregangan sederhana seperti dengan berbaring terlentang selama 15 menit di tempat tidur, kemudian gerakkan kaki anda secara bergantian agar lutut dapat mencapai dagu dan  tahan posisi ini selama beberapa detik.  Jika anda tidak dapat melakukannya sendiri, anda mungkin membutuhkan bantuan therapist untuk melakukan pijatan pada otot-otot anda yang tegang.

  1. Mendengarkan musik

Cara tidur cepat terakhir yang akan kita bahas adalah mendengarkan musik, hal ini terbukti ampuh pada sejumlah orang. Musik yang dipilih juga bermacam-macam namun sebagian besar merupakan musik bertempo lambat yang bisa membantu seseorang untuk lebih rileks dan memulai tidur mereka. Bahkan saat ini telah banyak beredar musik-musik yang memang dibuat secara khusus agar pendengarnya menjadi lebih rileks dan mudah tidur.

Demikianlah 8 tips sederhana cara tidur cepat yang bisa kami bagikan kepada para pembaca sekalian. Anda tetap perlu memperhatikan jadwal tidur yang sehat setiap malam dan bukan subuh atau malah pagi hari, mengingat tidur merupakan salah satu kebutuhan penting tubuh kita selain makan dan minum. Jika anda telah mengatur jadwal tidur yang tepat dan mencoba semua tips cara tidur cepat di atas namun tidak mendapat hasil yang maksimal, anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter pribadi guna mengetahui masalah yang mendasarinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua J

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *