invisible hit counter

6 Cara Mencerahkan Wajah secara Alami yang Aman bagi Kulit

Banyak wanita akan memilih menggunakan cara mencerahkan wajah secara alami dibandingkan dengan berbagai krim-krim pemutih yang tidak begitu jelas kandungan di dalamnya. Maraknya penjualan produk pemutih saat ini dengan harga yang bervariasi memang sangat menggoda kaum hawa untuk mendapatkan kulit yang putih bersih, akan tetapi tidak sedikit kabar mengenai kandungan berbahaya yang dimiliki oleh krim-krim tersebut. Sebut saja merkuri dan kandugan berbahaya lain yang justru bisa membahayakan kesehatan kulit penggunanya.

Sebagai konsumen yang bijak kita tentu harus memastikan bahwa produk yang kita gunakan tidak berbahaya dan aman bila digunakan. Untuk itu sekarang ini cara mencerahkan wajah secara alami lebih banyak diminati oleh berbagai kalangan, selain karena menggunakan bahan-bahan yang alami kita juga tidak perlu khawatir karena pengolahannya yang bisa dilakukan sendiri. Lalu apa saja bahan alami yang digunakan untuk mencerahkan kulit dan bagaimana pengolahannya? Mari kita simak penjelasan berikut ini!

Cobalah Cara Mencerahkan Wajah secara Alami dengan 6 Bahan Berikut Ini!

Saat ini industri kosmetik merupakan industri yang banyak mendapat sorotan karena kemajuan teknologi menyebabkan banyak produk-produk kecantikan yang menjanjikan perubahan bagi penggunanya. Banyak dari produsen produk-produk kosmetik saat ini mengutamakan penggunaan bahan alami dalam ramuan kecantikannya dan bahan-bahan alami tersebut akan kami bahas dalam artikel di bawah ini!

  1. Yogurt.

Cara mencerahkan wajah secara alami dengan menggunakan yogurt selama ini sudah banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Yogurt yang merupakan salah satu produk dari susu memang memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit, tidak hanya itu yogurt juga mengandung asam laktat yang memiliki efek dalam membersihkan dan mencerahkan kulit. Penggunaan yogurt ini juga cocok bagi semua jenis kulit sehingga anda tidak perlu khawatir.

Cara menggunakannya juga mudah, anda bisa langsung mengoleskan yogurt ini ke wajah dan leher  kemudian biarkan selama beberapa menit lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Anda bisa melakukan cara ini 1 kali setiap hari untuk hasil yang lebih baik. Selain itu, ada beberapa pilihan lain penggunaan yogurt sebagai cara mencerahkan wajah secara alami, yakni dengan mencampurkan 1-2 sendok makan yogurt segar dengan 1 ½ sendok madu kemudian oleskan pada area wajah dan leher selama 10-15 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih.

  1. Jeruk.

Siapa yang tidak mengenal buah yang identik dengan warna oranye cerahnya dan kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Kandungan vitamin C inilah yang menyebabkan jeruk menjadi salah satu bahan  yang digunakan dalam cara mencerahkan wajah secara alami, karena kandungan ini memiliki kemampuan mencerahkan kulit. Untuk mencerahkan kulit jeruk dapat digunakan melalui 2 cara, yang pertama campurkan 2 sendok makan sari jeruk dengan sedikit bubuk kunyit dan oleskan campuran bahan ini ke wajah dan leher sebelum tidur.

Campuran ini juga bisa anda oleskan pada kaki dan tangan anda, diamkan selama 20-30 menit lalu bilas dan lakukan hal ini setiap hari. Selanjutnya anda bisa menggunakan kulit jeruk yang sudah dikeringkan dan dihaluskan sehingga menjadi bubuk. Campurkan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk ini dengan 1 sendok yogurt hingga berbentuk seperti adonan dan oleskan adonan ini ke kulit wajah anda lalu diamkan dalam 15-20 menit. Setelah itu anda bisa mencuci wajah anda dengan menggunakan air, campuran ini bisa anda gunakan sebanyak 2 kali seminggu.

  1. Madu.

Seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama, madu memang merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan dalam cara mencerahkan wajah secara alami. Madu memiliki kandungan yang bersifat sebagai pelembap kulit dan juga pencerah kulit, untuk itulah penggunaan madu pada orang dengan jenis kulit yang kering lebih dianjurkan. Madu juga memiliki kandungan antibakteri yang bisa mengurangi keluhan jerawat loh! Oleskan madu murni ke wajah anda dan biarkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Hal sederhana ini tidak hanya membuat kulit wajah lebih cerah namun juga membantu membersihkan kulit yang mati.

  1. Jeruk nipis.

Tidak hanya jeruk yang bisa digunakan sebagai bahan untuk mencerahkan kulit namun jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mendapatkan kulit cerah alami. Kandungan asam yang dimiliki oleh jerik nipis berperan sebagai pencerah alami bagi kulit dan juga membantu regenerasi sel-sel kulit mati karena kadar vitamin C yang dimilikinya. Tidak hanya itu kandungan anti oksidan yang dimilikinya juga sangat baik bagi kesehatan kulit.

Cara mencerahkan wajah secara alami degan menggunakan jeruk nipis sangat mudah dilakukan, anda bisa menggunakan potongan jeruk nipis dan mengoleskannya langsung pada kulit wajah dan biarkan sari dari jeruk nipis ini melekat pada kulit wajah anda. Biarkan hal ini selama kurang lebih 1 jam dan bersihkan wajah anda dengan menggunakan air bersih, anda bisa menggunakan jeruk nipis sekali setiap hari untuk mendapatkan wajah yang sehat dan cerah alami.

  1. Lidah buaya.

Selanjutnya cara mencerahkan wajah secara alami yang bisa anda lakukan dengan mudah adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya selama ini lebih terkenal digunakan untuk kesehatan rambut namun ternyata penggunaan lidah buaya bisa juga untuk kesehatan kulit wajah loh! Hal ini disebabkan karena kandungan dalam lidah buaya yang dapat membersihkan dan mencerahkan kulit anda. Caranya mudah anda tinggal memotong batang lidah buaya lalu oleskan lendirnya secara merata kewajah, diamkan selama 5-10 menit lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

  1. Bengkoang.

Bengkoang memang sudah lama menjadi salah satu bahan alami untuk mencerahkan kulit, kandungan vitamin B dan vitamin C yang dimilikinya menjadi alasan mengapa bahan ini menjadi bahan favorit untuk mencerahkan kulit selama ini. Cara mencerahkan wajah secara alami dengan menggunakan bengkoang juga cukup mudah, siapkanlah bengkoang yang sudah dikupas dan dicuci bersih kemudian parutlah bengkoang tersebut dan peraslah agar sarinya keluar. Taruhlah sari bengkoang tadi ke dalam wadah bening dan diamkan selama 20-30 menit, tunggulah sampai terlihat endapan berwarna putih. Gunakanlah endapan tersebut sebagai masker wajah, tunggu hingga kering lalu cuci wajah anda dengan air.

Demikianlah sejumlah bahan alami yang bisa digunakan untuk mencerahkan wajah secara alami. Anda bisa mencoba cara mencerahkan wajah secara alami ini dirumah secara rutin untuk hasil yang lebih baik. Tidak lupa anda perlu menjaga kebersihan pengolahan bahan-bahan tersebut dan memastikan bahwa bahan-bahan yang anda gunakan adalah bahan-bahan yang segar. Memiliki kulit yang cerah dan sehat adalah idaman semua orang, untuk itu mari kita menjaga kulit kita dengan bahan-bahan alami ini. Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah wawasan kita semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *