invisible hit counter

10 Tips Sederhana Cara Menghilangkan Nafsu Makan Anda!

10 Tips Sederhana Cara Menghilangkan Nafsu Makan Anda!Bagi orang dengan berat badan berlebih, cara menghilangkan nafsu makan merupakan salah satu metode yang bisa membantu mengurangi berat badan. Orang-orang dengan masalah berat badan berlebih biasanya memang memiliki nafsu makan yang lebih besar. Makanan memang dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai sumber energi, akan tetapi bagi orang dengan nafsu makan berlebih makanan bisa menjadi sumber malapetaka.

Efek paling sering ditemui dari nafsu makan yang tidak terkontol adalah berat badan berlebih, obesitas yang dapat menimbulkan berbagai penyakit metabolik seperti kencing manis, hipertensi dan kolesterol tinggi (dislipidemia). Untuk itulah mengapa sumber dari masalah ini harus dikendalikan dengan cara menghilangkan nafsu makan yang tepat. Cara menahan lapar yang akan kami sajikan di bawah ini sebenarnya merupakan metode yang mudah untuk dilakukan, apalagi jika ditambah dengan keinginan yang kuat untuk menurunkan berat badan. Mari kita simak tips sederhana cara menghilangkan nafsu makan berikut ini!

10 Cara Menghilangkan Nafsu Makan yang Mudah untuk Dilakukan

Menahan rasa lapar akan terasa sulit jika menghadapi berbagai godaan berupa makanan dan cemilan yang menggugah selera dan menarik perhatian, untuk itulah motivasi yang kuat merupakan salah satu kunci menahan diri untuk makan. Mari kita simak apa saja cara menahan nafsu makan sederhana di bawah ini!

1. Alihkan perhatian anda

Cara menghilangkan nafsu makan pertama yang akan kita bahas adalah dengan mengalihkan perhatian anda. Bagi orang yang memiliki nafsu makan yang besar, keinginan untuk makan dapat timbul setiap waktu. Untuk itu jika anda merasa lapar anda bisa mengalihkan perhatian anda dengan melakukan aktivitas lain. Anda bisa mencoba melakukan aktivitas-aktivitas yang anda sukai seperti menonton film, mendengarkan musik atau membaca buku.

2. Perhatikan isi kulkas anda

Berikutnya adalah perhatikan isi kulkas anda, seperti yang sudah dibahas sebelumnya menahan rasa lapar akan sangat sulit jika banyak godaan di sekitar anda. Salah satu godaan berarti bagi pencinta makanan adalah isi kulkas yang begitu banyak dan beragam. Jika isi kulkas anda tidak menarik atau bahkan kosong maka keinginan makan anda tidak akan terlaksana. Berhentilah membeli makanan-makanan dan cemilan untuk mengisi kulkas anda. Cara menghilangkan nafsu makan yang satu ini dianggap sangat ampuh terutama bagi mereka yang menyukai cemilan ketika lapar.

3. Makan perlahan

Cara menghilangkan nafsu makan berikutnya adalah dengan makan secara perlahan, karena pada dasarnya otak kita membutuhkan waktu untuk menerima signal dari sistem pencernaan kita bahwa perut kita sudah terisi penuh. Untuk itu berusahalah untuk mengkonsumsi secara perlahan dan tidak terburu-buru, agar anda dapat merasa kenyang tanpa harus menambah porsi makanan anda.

4. Atur jadwal makan

Cara berikutnya adalah atur jadwal makan anda, jangan sampai anda melewatkan waktu makan setiap harinya. Hal ini disebabkan banyak orang yang melewatkan jadwal makannya, kemudian menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi yang lebih besar. Kebiasaan mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar juga merupakan salah satu kebiasaan yang harus dihindari oleh setiap orang yang memiliki nafsu makan yang tinggi.

5. Konsumsi air putih

Cara  menghilangkan nafsu makan berikut ini merupakan salah satu cara sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan. Untuk mencegah anda mengkonsumsi terlalu banyak makanan ataupun cemilan saat lapar, anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi air putih. Bawalah air putih ataupun air mineral kemanapun anda bepergian sehingga disaat rasa lapar datang anda bisa meredakannya dengan hanya mengkonsumsi air putih saja.

Konsumsi air putih sebelum mengkonsumsi makanan juga bisa menjadi tips untuk mengurangi nafsu makan, karena perut anda sudah diisi dengan air maka ruang yang tersisa bagi makanan menjadi berkurang.

6. Konsumsi makanan penahan rasa lapar

Berikutnya merupakan cara menghilangkan nafsu makan yang banyak disukai, karena anda tetap diperbolehkan makan. Akan tetapi makanan yang dikonsumsi di dalam anjuran ini merupakan jenis makanan yang memang diketahui memiliki kandungan tertentu guna menahan rasa lapar anda.

Pertama kita akan membahas mengenai buah apel, jenis buah yang satu ini diketahui memiliki khasiat untuk menekan rasa lapar. Dengan mengkonsumsi apel, maka proses penyerapan kalori dan glukosa di dalam saluran cerna akan berlangsung lama. Hal inilah yang menyebabkan perut anda tetap terasa penuh dan anda akan tetap merasa kenyang. Mekanisme yang sama terjadi jika anda mengkonsumsi karbohidrat kompleks, seperti saat anda mengkonsumsi nasi merah atau gandum.

Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi jenis makanan lain seperti kacang-kacangan dan juga makanan-makanan kaya serat seperti sayur-sayuran dan juga buah. Anda juga bisa memilih green tea sebagai pilihan minuman, green tea diyakini memiliki kandungan berupa EGCG (Epigallocatechin gallate) yang dapat meningkatkan pembakaran lemak dan mampu meningkatkan hormon CCK (Cholecystokinin) yang bisa memberikan rasa kenyang.

7. Cemilan sehat

Cara menghilangkan nafsu makan selanjutnya juga tidak kalah menarik, anda diperbolehkan untuk mengkonsumsi cemilan! Hanya saja cemilan yang boleh anda konsumsi adalah cemilan sehat yakni berbagai jenis buah-buahan segar dan juga sayuran atau dalam rupa salad buah dan sayuran. Jika anda terbiasa menggunakan makanan sehat sebagai cemilan maka anda tidak perlu khawatir dengan masalah berat badan.

8. Lakukan aktivitas fisik

Berikutnya anda tetap perlu melakukan aktivitas fisik ringan seperti jogging atau lari santai, berolahrga dengan treadmill, senam ataupun stretching untuk mengurangi nafsu makan anda. Sebuah penilitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts, Amerika menyatakan bahwa dengan melakukan olahraga-olahraga ringan mampu menghambat hormon ghrelin yang umumnya dikeluarkan saat perut anda kosong dan mengundang rasa lapar.

9. Hindari stres

Cara menghilangkan nafsu makan selanjutnya adalah dengan menghindari stres terutama stres psikis. Stres psikis bisa terjadi pada siapa saja dan dapat disebabkan oleh apa saja, baik masalah keluarga, masalah pekerjaan ataupun masalah dengan orang-orang disekitar kita. Bagi beberapa orang, perasaan stres yang mereka alami akan menjadi pemicu untuk makan terutama mengkonsumsi makanan-makanan manis. Dengan mengkonsumsi makanan manis sebagian orang akan merasa lebih tenang, akan tetapi anda tahu bahwa makanan dengan pemanis merupakan pantangan bagi orang berbadan besar.

10. Sugesti diri sendiri

Cara menghilangkan nafsu makan terakhir yang akan kita bahas adalah memberi sugesti positif pada diri sendiri. Anda bisa mencobanya dengan mengingat tujuan anda melakukan diet misalnya untuk detoksikasi tubuh dan menjadi sehat atau untuk mendapat bentuk tubuh yang anda idam-idamkan.

Demikianlah 10 tips sederhana cara menghilangkan nafsu makan yang bisa kami sajikan bagi anda. Satu hal penting yang perlu dipahami bahwa mengendalikan nafsu makan harus didasari dengan motivasi yang kuat agar usaha anda untuk memperoleh tubuh yang sehat dengan bentuk yang ideal dapat tercapai. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba tips-tips sederhana di atas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *