invisible hit counter

10 Pilihan Sayur dan Buah yang Baik untuk Diet

10 Pilihan Sayur dan Buah yang Baik untuk Diet

Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan strategi mengkonsumsi sayur dan buah yang bagus untuk diet. Sayur dan buah sangat kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh, yang mana kebanyakan diantaranya sangat rendah kalori, jadi bagus sekali untuk diet. Bahkan buah yang kaya kalori seperti pisang dan alpukat pun sebenarnya juga baik untuk diet, asalkan Anda mengonsumsinya dengan benar, yaitu hanya dikonsumsi pada sarapan di pagi hari. Selain dari sisi kalori, kandungan serat dan berbagai nutrisi tertentu yang ada pada sayur dan buah cocok untuk membantu proses menurunkan berat badan.

Sayuran dan buah bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit, sebagai sarana detoksifikasi yang bagus, meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya manfaat yang didapat dari mengonsumsi sayuran dan buah, Anda akan sukses menurunkan berat badan tanpa khawatir dengan resiko terhadap kesehatan.

Beberapa Sayur dan Buah yang Baik untuk Diet Anda

Prinsip utama dalam diet menurunkan berat badan adalah mengonsumsi kalori di bawah kebutuhan kalori harian. Semua sayuran dan buah pada dasarnya baik untuk diet ini, termasuk yang memiliki kalori tinggi seperti yang telah disebutkan di atas, namun di sini kita hanya akan membahas yang rendah kalori saja, karena yang jenis ini lebih mudah untuk dikonsumsi kapan saja.

  • Brokoli

Selain terkenal dengan istilah sayuran penangkal kanker, brokoli juga merupakan sayur yang baik untuk diet. Pasalnya brokoli mengandung 40% protein dan 60% karbohidrat kompleks yang baik bagi tubuh. Karbohidrat kompleks berbeda dengan karbohidrat biasa, karena jenis ini justru dapat membantu menurunkan berat badan, selain itu juga baik untuk pencernaan. Tak lupa, serat yang dikandung brokoli pun membuat rasa kenyang tertahan lebih lama. Selain itu, brokoli juga mengandung antioksidan, kalsium, selenium, magnesium, zat besi dan thiamin yang berguna bagi kesehatan tubuh.

  • Jeruk Lemon

Jeruk lemon dikenal kaya manfaat, salah satunya untuk diet. Buah ini bermanfaat untuk detoksifikasi dan juga memperlancar peredaran darah. Selain itu juga dapat membersihkan kolesterol jahat di dalam tubuh dan memperlancar pencernaan, sehingga dapat menurunkan berat badan dengan sehat. Mengonsumsi jeruk lemon juga akan mengurangi rasa lapar, yang membuat porsi makan Anda selama diet lebih terjaga. Buah yang baik untuk diet ini bisa dikonsumsi dengan cara dibuat minuman jeruk biasa (tanpa gula) atau dengan dibuat infused water.

  • Bayam

Sayuran untuk diet berikutnya adalah bayam, yang merupakan salah satu sayuran terbaik untuk diet. Bayam memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dibandingkan dengan sayuran lain. Selama ini serat kita kenal berguna untuk memperlancar pencernaan, yang tentunya berguna untuk diet, namun sebenarnya serat juga memiliki manfaat luar biasa lainnya untuk menurunkan berat badan, yaitu mampu mengurangi timbunan air dalam tubuh. Penumpukan air dalam tubuh adalah salah satu penyebab kenaikan berat badan, seperti yang diutarakan dalam diet mayo.

  • Buah Berry

Yang termasuk dalam buah berry ialah strawberry, blueberry dan blackberry. Manfaat buah berry sebagai buah yang bagus untuk diet hampir sama dengan jeruk lemon. Selain itu buah ini kaya antioksidan yang berguna melawan radikal bebas untuk mencegah kanker. Sebagai tambahan, buah ini memiliki kandungan hormon Leptin dan Adinopectin. Hormon Leptin merupakan hormon yang mengatur sensasi kenyang di tubuh sehingga menimbulkan perasaan kenyang. Hormon Adinopectin sendiri dapat membantu memecah kolesterol.

Daftar sayuran dan buah yang baik untuk diet ini berlanjut ke halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *